Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Defisiensi Nutrisi Tanaman Pada Hidroponik Pertanian Berbasis Web

Posted on
ABSTRAK
Pertumbuhan kota kini semakin pesat. Lahan-lahan pertanian banyak yang telah berubah menjadi gedung dan bangunan-bangunan baru. Ruang bagi bercocok tanam pun semakin sempit dan mahal. Namun perkembangan teknologi telah memungkinkan orang bercocok tanam tak di atas lahan tanah. Rumah
tanpa halaman atau pekarangan pun masih dapat menyalurkan hobi bertanamnya. Secara prinsip, bertanam adalah kegiatan memberikan nutrisi untuk tanaman. Nutrisi ini terdiri dari berjenis-jenis unsure mineral yang dibutuhkan tanaman. Namun jumlah nutrisi ini hanya sekitar 10 persen dari keperluan tanaman. Selebihnya tanaman banyak membutuhkan air. Dengan prinsip ini, karenanya bertanam dapat dilakukan dengan menggunakan media apa pun selain tanah. Asal, keperluan tanaman kepada nutrisi dipenuhi. Dengan prinsip ini, kitapun dapat mengenal bertanam secara hidroponik.
Pembahasan utama pada penelitian ini yaitu perancangan dan perancangan program pakar rule-based bagi permasalahan defisiensi nutrisi di tanaman hidroponik. Perancangan program pakar ini menggunakan cara inferensi forward chaining, yaitu proses inferensi yang memulai pencarian dari premis atau data menuju di konklusi. Permasalahan di menanam secara hidroponik ini yang dibahas mengenai defisiensi nutrisi di tanaman hidroponik. Tujuan dari aplikasi ini yaitu membangun program pakar yang digunakan
bagi mendiagnosa dari gejala-gejala defisiensi nutrisi yang akhirnya memperoleh diagnosa dan cara penanggulangannya. Perancangan program pakar ini dilakukan dengan tahapan selaku berikut: menganalisa permasalahan mengenai defisiensi tanaman hidroponik dengan melibatkan para pakar atau ahli, mengimplementasikan desain pada program komputer dan menjalankan uji coba. Perancangan program pakar ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan basis data MySQL.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa program masih membutuhkan pengembangan di sisi bahan hidroponiknya dengan pengembangan sejenis dengan domain permasalahan defisiensi nutri di tanaman hidroponik yang lebih luas.

Kata Kunci: Hidroponik, Defisiensi Nutrisi Tanaman Hidroponik, Program Pakar


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *