Penyedia layanan CDN gratis

Posted on

Mau mengoptimalkan kecepatan laman dan memajukan uptimenya? Karenanya sebuah layanan CDN (Content Delivery Network) dapat menjadi solusinya. Pada menjalankan CDN akan membangun situs, blog atau forum sahabat menjadi lebih cepat loadingnya, mengurangi konsumsi kuota bandwidth hosting, mengamankan dari serangan spammer, hacker atau DDoS. Semuanya ini dapat didapatkan pada cuma-cuma! Ya, kami akan memberikan daftar layanan CDN yang disediakan cuma-cuma.

CloudFlare

CloudFlare adalah layanan CDN dengan proxy yang menyediakan versi gratisnya guna umum, tergantung dari pengaturan yang sahabat mulai sahabat dapat menjalankan CloudFlare hanya guna CDNnya atau menjalankan fitur optimalisasi layaknya RocketLoader dan Minify. Kemampuan menampilkan page laman dikala server hosting sahabat sedang down adalah nilai plus, apalagi ada fitur mengurangi pengaruh serang DDoS pada situs sahabat. Kalau tertarik sahabat dapat mengikuti artikel kami sebelumnya mengenai pemasangan CloudFlare di website.

cloudflare-analytics-640x253

Incapsula

Incapsula adalah layanan pengamanan dan penyeimbang beban kerja laman, sedangkan CDNnya (dengan proxy pun) yakni sebuah bonus. Fokus dari Incapsula lebih kearah penanganan serangan spammer, hacker atau malware. Tampilan analyticsnya sendiri menurut kami lebih bagus dibanding CloudFlare sebab lebih mendetail. Bila sahabat lebih khawatir masalah keamanan karenanya Incapsula adalah option tepat, cara setting up Incapsula lumayan gampang kok.

incapsula-website-traffic-statistic-640x240

Swarmify

Sedangkan Swarmify adalah layanan CDN pada teknologi yang memanfaatkan protokol WebRTC yang terdapat pada browser modern. Singkatnya file – file yang didukung oleh Swarmify akan terdapat menjalankan program Peer to Peer (P2P), jadi semakin banyak pengunjungnya karenanya kecepatan aksesnya semakin cepat. Cara menggunakan Swarmify yakni pada menyisipkan sebuah kode JavaScript yang akan menggantikan lokasi asal file tersebut.

swarmify-overview-640x377

Google PageSpeed Service

PageSpeed Service adalah layanan CDN dari Google, program kerjanya dengan proxy pun. Jadi seluruh request pada laman sahabat akan lewat layanan PageSpeed Service. Ketika ini masih pada tahap Beta dan belum mendukung pemakaian naked domain (non www), tapi sahabat dapat mencoba menjalankan Google PageSpeed Service kalau sahabat diterima.

google-pagespeed-service-setup-origin-server-640x218

CoralCDN

Lain halnya pada CoralCDN yang adalah proyek dari MIT dan dengan P2P, disini sahabat menjalankan link seketika pada file sahabat yang pun dihosting pada CoralCDN. Misal domisili file sahabat yakni http://utekno.com/favicon.ico karenanya pada CoralCDN akan menjadi http://utekno.com.nyud.net/favicon.ico, jadi sahabat tinggal menambahkan url nyud.net guna mengakses file statis dari laman sahabat.

coralcdn-640x389

JetPack Photon

Pengguna WordPress benar – benar dimanjakan sebab Automattic selaku pihak pengembangnya pun membangun layanan CDN cuma-cuma bernama Photon guna gambar. Jadi seluruh gambar atau image yang terdapat pada situs sahabat akan dihosting menjalankan CDN WordPress. Bagaimana petunjuk mengaktifkannya? Kamu harus menginstall plugin Jetpack dan aktifkan opsi Photon.

jetpack-photon-640x296

Lainnya

Daftar CDN cuma-cuma ini akan selalu kami update bila ada yang baru atau berubah, dan jangan sungkan guna bertanya apabila ada kendala yang sahabat alami dikala pengaturan CDN guna laman sahabat.

sumber : utekno.com