Pengembangan Aplikasi Sistem Absensi Karyawan Dengan Metode Barcode

Posted on
ABSTRAK

PT. Kemenangan Jaya adalah sebuah sebuah perusahaan berskala menengah yang bergerak di bidang penyediaan beragam macam bahan eksterior dan interior bangunan. Di perusahaan ini terdapat suatu system absen karyawan yang masih berjalan secara manual, dimana pada penerapan aplikasi absen ini terdapat beberapa hal yang menjadi kendala, yaitu diantaranya yaitu keefektifan dan efisiensi waktu dan proses pengabsenan, wujud report absen yang masih berupa hardcopy yang dapat menyulitkan pada proses pencarian data, dan kemungkinan terjadinya data absen yang hilang.
Dengan alasan di atas karenanya penulis mencoba bagi memberikan alternatif pemecahan masalah dengan merancang suatu program aplikasi sbsensi yang akan mencatat data dan daftar kehadiran karyawan, waktu kedatangan, waktu pulang, yang akan dibangun secara sistematis dan terkomputerisasi dengan cara barcode, sehingga akan menghilangkan proses pencatatan kehadiran karyawan yang dalam kurun waktu ini telah berjalan secara manual di PT. Kemenangan Jaya dan pun dengan pemakaian cara barcode akan mengurangi tingkat kesalahan penginputan ID Staff pada proses absen tersebut.
Di penulisan ini pun akan diterangkan tahapan progres, mulai dari proses analisa, perencanaan, konstruksi yang menggunakan program Borland Delphi 5 dan SQL Server 2000 bagi database-nya, hingga tahapan pengimplementasian dengan menggunakan cara spiral dengan notasi perekayasaan dan pendekatan berorientasi objek, UML (Unified Modelling Languange), dengan merancang use case diagram, sequence diagram, class diagram, flow map (selaku indikasi prosedur arus data di aplikasi yang akan digunakan), dan analisa masukan serta keluaran, bagi mengetahui data apa saja yang akan menjadi masukan dan keluaran.


Kata kunci : Barcode, Program Program Absen, ID Staff, UML, Use Case Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram, Flow Map


Unduh File PDF : 

Fileskripsi lengkap.pdf


Unduh Source Code Program :
Unduh File.rar (sedang digarap)
Screnshot Program :

img1


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *