htaccess-malware-redirect

Pengalaman mengatasi malware redirect website di cPanel

Posted on

Kali ini kami mau share saja pengalaman pada masalah di website hosting. Terutama shared hosting pada cPanel. Jadi di diantara situs teman kami ketika dibuka lewat handphone atau tablet malah seketika dialihkan pada situs lain yang berisi penuh iklan. Yang pasti bukan miliknya dan jelas bukan niatnya meredirect pengunjung kesana. Langkah ini hampir tak disadari sebab websitenya ketika dibuka lewat komputer/desktop normal semuanya.

Yang pasti websitenya dibangun menjalankan WordPress dan seharusnya plugin pun tema yang dipasang yakni free atau tak ada yang bajakan. Akhirnya kami periksa apakah file – file yang terdapat pada cPanel normal semuanya, terutama di index.php sebab jelas masih sempat diakses sesaat baru dialihkan halamannya. Ternyata bersih.

htaccess-malware-redirect

Dari sini kami menebak hanya ada satu penyebabnya yakni file .htaccess. Dan benar saja ada ratusan baris baru yang ditambahkan kedalamnya yang berfungsi guna redirect pengunjung yang memakai browser atau gadget tertentu pada situs lain. Seringnya berisi iklan dan malware lagi. Lumayan berbahaya.

Bagaimana tutorial mengatasinya? Pertolongan pertama-tama tentu saja membersihkan file .htacessnya yang telah terinfeksi dan mengembalikan isinya pada semula. lalu segera update CMS yang dimanfaatkan. Admin sarankan kamu telah menyiapkan backup pun agar dapat segera pindah hosting apabila masih terjadi lagi. Serangan malware ini kami lihat disebabkan adanya celah keamanan dari script atau CMS yang dimanfaatkan, dapat sebab versi yang lama atau memang telah disisipkan kode berbahaya didalamnya.

Oh ya, kamu dapat scan menjalankan Sucuri guna memastikan keamanan situs kamu dari sisi akses publik.

sumber : utekno.com