Pengalaman Caption (CC) Youtube tidak muncul

Posted on

Baru saja mengalami masalah yang lumayan unik dimana CC caption  (subtitle) pada youtube (Android)  tak muncul. Padahal video tersebut memang mempunyai (pasti) caption dan ketika coba membuka pada komputer, caption pun keluar tak ada masalah.

Sempat bingung telah coba mengupdate aplikasi android youtube hingga versi terbaru, clear data dan cache, unsinstall dan install aplikasi android pun tak meyelesaikan masalah.  Coba browsing guna search jawaban, namun tak ada jawaban yang pasti.

Akhirnya setelah melihat disana-sini, dapat disimpulkan ada dua hal yang dapat menjadi penyebab error ini terjadi.

Namun sebelum dia ada baiknya memastikan bahwa video yang mau dibuka memang mempunyai caption. Coba akses pada komputer guna memastikan bahwa caption masih berjalan.

1. Caption accessibility pada kondisi off.

Coba akses pengaturan caption guna memastikan pada keadaan on.

Caranya: 

  • Di bagian kanan atas youtube ada 3 titik, pada tekan saja kemudian pilih Settings.
  • Pilih captions.
  • Pastikan accessibility pada keadaan on.

2. Namun yang sering terjadi meskipun accessibility telah pada keadaan on, namun tetap saja caption tak muncul. Bila iya kemungkinan besar penyebab error ialah Youtube dia sendiri.

Jadi jangan panik bila aplikasi android youtube telah terupdate hingga versi yang terbaru, clear data dan cache telah dilakukan, harap menunggu saja hingga error hilang pada sendiri.

 

 

sumber : utekno.com