Optimasi penempatan mahasiswa baru di ma’had sunan ampel al-ali Universitas Islam Negeri (UIN) maulana malik ibrahim malang menggunakan algoritma genetika

Posted on
ABSTRAK
Optimasi diperlukan bagi memperoleh hasil yang terbaik dari alternatifalternatif solusi yang terdapat. Optimasi penempatan mahasiswa baru di ma’had Sunan Ampel Al-Ali UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yaitu suatu usaha bagi mencari solusi terbaik penempatan mahasiswa baru di ma’had agar visi, misi, dan tujuan dapat tercapai secara optimal. Optimasi penempatan ini melibatkan banyak komponen sehingga proses penempatan menjadi rumit. Di skripsi ini dibahas mengenai penempatan mahasiswa baru menggunakan algoritma genetika.
Algoritma genetika yaitu diantara teknik optimasi yang terkenal yang secara khusus dapat digunakan bagi memecahkan masalah optimasi yang kompleks. Penelitian ini bertujuan merancang model genetika bagi masalah penempatan mahasiswa baru di ma’had dan menggunakan algoritma genetika selaku alternatif solusi masalah penempatan mahasiswa baru dengan manggunakan perlengkapan lunak. Di algoritma genetika, teknik pencarian solusi menggunakan prinsip seleksi alam, di mana individu yang lebih kuat (fitness tinggi) akan mempunyai tingkat reproduksi yang lebih tinggi.
Cara yang digunakan pada penelitian ini yaitu yaitu waterfall atau air terjun, yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap analisa, tahap desain, tahap implementasi, tahap pengujian, tahap pemasangan, dan tahap pengoperasian. Waterfall sering diidentikkan dengan proses SDLC (Systems Development Life Cycle) yang mengandung strategi pengembangan representasi objek secara progresif, mengandung tiga langkah utama, yaitu analisa, perancangan,dan implementasi.

Perubahan nilai fitness dari inisialisasi hingga menjadi fitness terbaik dikarenakan adanya dua parameter basic yang urgen yaitu probabilitas perkawinan silang dan probabilitas mutasi. Di perkawinan silang menyatakan seberapa sering proses perkawinan silang akan terjadi di antara dua kromosom orang tua. Kalau tak terjadi perkawinan silang, keturunan adalah Salinan mutlak dari kromosom orang tua. Kalau terjadi perkawinan silang, keturuan yang diraih adalah campuran dari kedua kromosom orang tua. Cara perkawinan silang yang digunakan pada optimasi penempatan ini yaitu cara order crossover, sedangan mutasinya menggunakan cara swapping mutation. Mutasi diperlukan bagi menghindari terjadinya konvergensi prematur. Hasil dari penelitian ini yaitu susunan penempatan mahasiswa baru pada tiap ruang masing-masing mabna di Ma’had Sunan Ampel Al-Ali UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan komposisi yang sesuai dengan parameter yang telah ditentukan.

Kata kunci: Optimasi, Algoritma Genetika, Waterfall, Ma’had.


Unduh File : 
Unduh Source Code Program :

Screnshot Program :



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *