installer-trap-toolbar-malware

Menghapus malware di Windows dengan Malwarebytes Anti-Malware

Posted on

Kemarin malam dikala admin mencoba sebuah program baru tak disangka menjadi musibah setelah proses instalasi, walau di proses instalasi seluruh opsi yang akan menginstall program lain dan toolbar telah tak dicentang. Ternyata installer program ini disisipi malware guna membajak komputer yang akan seketika aktif dikala kamu menginstall program yang ditumpanginya.

installer-trap-toolbar-malware

sahabat dapat melihat bahwa persetujuan di installer sistem ini sangatlah menjebak, walau kamu tak mencentang produk yang ditawarkan ternyata ada option lain yang patut diwaspadai. Terdapat tulisan yang menyatakan kalau kamu menekan tombol “I Accept” karenanya kamu sudah setuju guna menginstall toolbar guna browser, option ini bila tak kamu baca pada bagus karenanya kita dapat mengasumsikan bahwa tombol ini guna melanjutkan proses instalasi program. Admin sendiri terkena jebakan installer sistem ini, option yang benar ialah pada menekan tombol “I Decline” guna menolak instalasi toolbar browser, option ini seakan – akan kita akan membatalkan proses instalasi. Tentu kebanyakkan orang akan memilih “I Accept” apalagi di dikala dia kita membutuhkan program tersebut.

Malware yang diinstall disini berbentuk toolbar pada Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer dan browser populer lainnya. Masalah layaknya ini merancang admin menyadari bahwa komputer kita selalu pada resiko terjangkit malware layaknya worms, trojans, rootkits, rogues, dialers, spyware, toolbar dan banyak lagi. Apalagi kalau kita terbiasa mencoba program baru dan bajakan pada crack, patch dan keygennya tanpa mengikuti verifikasi aman tidaknya file tersebut.

Untunglah Malwarebytes Anti-Malware (MBAM) dapat menyelamatkan komputer kamu dari serangan sistem pengganggu ini. Versi gratis dari program ini sudahlah lumayan guna mengatasi masalah malware pada Windows.

malwarebytes-anti-malware-choose-version-640x160

Tampilan program ini singkat dan tak bertele – tele, scan malware dapat seketika dilakukan dari interfacenya.

malwarebytes-anti-malware

Admin sarankan kamu mengupdate definisi malware terlebih dahulu guna meningkatkan akurasi penghapusan sistem yang tak diinginkan, pilih tab Update guna melanjutkan.

malwarebytes-anti-malware-update

Tekan di tombol “Check for Updates” guna melihat apakah MBAM harus mengikuti update program, bila iya karenanya kamu dapat mengupdatenya.

malwarebytes-anti-malware-updating

Mengikuti scan yang cepat dapat dilakukan pada memilih “Perform quick scan” dan tekan tombol Scan. Tipe pencariannya cepat sebetulnya telah lumayan guna search dan menghapus sistem yang mempunyai tujuan dan guna jahat pada komputer kamu, partisi harddisk yang menjadi tujuan quick scan ini ialah drive C saja. Bila kamu mau scan malware melalui menyeluruh di semuanya partisi harddisk silahkan pilih “Perform full scan”.

malwarebytes-anti-malware-scanning

Bila proses scan malware rampung kamu dapat melihat laporannya. sahabat dapat melihat hanya pada salah memilih opsi pada installer admin mengunduh kejutan hadiah toolbar, trojan, file registry yang dimodifikasi dan entah apa lagi sebanyak 117 buah. Sungguh adalah harga yang mahal guna kesalahan kecil dan ini hanya dari satu program, apalagi kalau kita sering mencoba – coba program baru.

malwarebytes-anti-malware-scanning-result

Selanjutnya kamu saatnya menghapus malware yang terdeteksi, sebaiknya kamu pastikan pun pada melihat satu – satu file apa saja yang dikenali guna mencegah salah hapus. Beri centang di setiap malware, dan tekan “Remove Selected” guna menghapusnya dan memperbaiki komputer kamu dari malware. Biasanya proses penghapusan ini tak dapat dilakukan dikala dia pun, karenanya kamu akan diinformasikan guna merestart notebook kamu guna melanjutkan proses penghapusan nanti sebab malware tersebut kini sedang aktif.

sahabat dapat melihat malware yang belum sukses dihapus akan diletakkan di bagian “Quarantine”, hapus semuanya pada menekan tombol “Delete All”, pilih “Restore” bila MBAM salah mengenali file malware.

malwarebytes-anti-malware-quarantine

Bila kamu mau melihat catatan guna setiap proses yang digunakan di setiap malware yang sukses dikenali dapat dilihat di bagian “Logs”.

malwarebytes-anti-malware-logs

Pilih log di waktu kamu mengikuti proses scan dan penghapusan malware, dan tekan “Open”. Karenanya akan otomatis berjalan file log MBAM pada format teks pada notepad, kamu dapat mempelajari lebih lanjut nasib setiap malware tersebut disini.

malwarebytes-anti-malware-log-file-640x333

Kesimpulannya Malwarebytes Anti-Malware ini benar – benar ampuh guna mengatasi program yang bertujuan jahat pada komputer kamu, proses scan berlangsung lumayan cepat dan akurasi deteksi malwarenya sangatlah bagus. Tutorial? menghapus malware pada komputer menjalankan Malwarebytes Anti-Malware ini berlangsung tanpa ada hambatan, tak ada sisanya bila kamu menghapus malware melalui menyeluruh.

sumber : utekno.com