webuzo-lemp-stack-640x375-1

Menggantikan Apache dengan Nginx pada Webuzo

Posted on

Kami baru berurusan pada klien hosting yang menggunakan aplikasi Webuzo, keluhannya sih pemakaian memori VPS dan CPU besar sekali. Sebab Webuzo sendiri defaultnya menggunakan aplikasi LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP) karenanya petunjuk sangat gampang ialah pada mengganti stack servernya menjadi LEMP (Linux, NginX, MySQL, dan PHP). Ya, lumayan pada mengganti apache menjadi nginx biasanya telah lumayan memudahkan.

Bagaimana petunjuk menambahkan Nginx kedalam Webuzo? Layaknya lazim silahkan login dulu pada Enduser Panelnya, biasanya di port 2002 dari tempat tinggal IP server. lalu di fitur diatas pilihlah Apps, nanti pada sebelah kiri akan muncul fitur bernama Stacks dan tekan di LEMP stacks. Seketika saja install. Ini guna instalasi baru.
webuzo-lemp-stack-640x375

Kalau kamu menginstallnya sendiri – sendiri karenanya akses bagian Website Server dan pilih Nginx. Yang pasti setelahnya silahkan kembali pada laman awal dan di Advanced Settings akses System Utilities.
webuzo-advanced-settings-640x113

Kamu akan melihat opsi mengganti Apache pada Nginx, ubah dan simpan pada tekan Menej Settings.

webuzo-system-utilities-640x360

Tetapi tak berhenti hingga disini saja usaha kita, sebab Nginx sendiri tak mengenali file .htaccess yang digunakan Apache guna pengaturan permalink/friendly url jadi harus dilakukan melalui manual pada menej konfigurasinya pada /usr/local/apps/nginx/etc/conf.d/common Gunakan SSH ya guna mengeditnya.

lalu isikan kode berikut pada akhirnya:

Dan akhirnya restart Nginx:

Rampung, dan kamu dapat cek pemakaian memori dan CPU prosesor akan lebih rendah. Hanya pada mengikuti satu metode ini di uji coba kami menggunakan aplikasi Droplet 1GB dari DigitalOcean telah mengurangi 200MB guna RAM dan pemakaian prosesor turun 0.2. Dapat dinamakan ini petunjuk kecil hasil besar.

Kami harap bermanfaat. ??

sumber : utekno.com