hp-14-af1181au-startup-menu-640x474-1

Mengenal System Diagnostics laptop HP

Posted on

Diantara fitur yang wajib sahabat jalankan ketika baru membeli laptop pada merek HP (Hewlett-Packard) dan melalui rutin setelahnya yaitu System Diagnostics. Ini fungsinya yaitu menguji apakah di hardware notebooknya normal semuanya apakah ada masalah. Jadi selain cek fisik apakah ada cacat kita mesti tahu apakah jeroannya pun sehat.

Bagaimana petunjuk mengakses System Diagnostics milik HP? Betul-betul gampang kok, di ketika baru dihidupkan seketika klik tombol Esc dan akan muncul Startup fitur. Disini kami mendasarkan panduannya di laptop HP 14-af118au, kalau tipe milik sahabat berbeda harap diadaptasikan. Semestinya tak beda jauh metode – langkahnya.

hp-14-af1181au-startup-menu-640x474

Berikutnya pilih System Diagnostics pada menekan tombol F2, dan akan muncul fitur berikutnya.

hp-14-af1181au-hp-pc-diagnostics-hardware-uefi-640x474

Akan ada 2 opsi hardware yang dapat dites, pertama-tama yaitu memori (RAM). Silahkan akses Memory Tests guna menguji apakah RAM laptop sahabat normal atau tak. Ini prosesnya lumayan lama, 17 menitan guna kapasitas 4GB. Tetapi jangan hingga dilewatkan sebab berhubungan seketika pada performa notebooknya.

hp-14-af1181au-memory-tests-640x474

Kedua yaitu harddisk, pilih Hard Drive Check dan ada 2 pilhan lagi nanti: Quick atau Extensive. Terserah sahabat yang mana, tapi kalau butuh yang menyeluruh jalankan yang Extensive. Lebih lama nanti prosesnya.

hp-14-af1181au-hard-drive-check-640x474

Menjalankan diagnosa aplikasi ini wajib hukumnya kalau sahabat membeli laptop HP baru maupun bekas, jangan hingga sahabat tak melakukannya sebab percaya atau pas dicoba masuk Windows tanpa hambatan – tanpa hambatan saja. Kerusakan kalau memori biasanya akan seketika terasa (BSOD atau restart otomatis), tapi kalau harddisk efeknya mesti diamati. Kadang cuma lambat saja aksesnya dan lama – lama partisi tak dapat dibuka.

Aslinya menurut kami masih tidak cukup diagnosa dektop LCD/LED, DVD-ROM, VGA, dan Network layaknya milik Dell, atau ini cuma di tipe tertentu saja adanya. Setidaknya di notebook kami tak ada.

Kami harap bermanfaat. ??

sumber : utekno.com