Mengembalikan ke semula setting permissions yang salah di Windows

Posted on

Sobat sedang memilah – milah akun User pada Windows yang sekiranya lebih bagus dibatasi hak aksesnya bagus guna modify (mengubah), read (melihat). menulis (write) dan sebagainya. Dapat saja terjadi kesalahan layaknya akun administrator tak diberi hak guna write di harddisk sehingga… sahabat tak dapat mengubahnya kembali. Setidaknya admin baru saja mengalami hal ini, sungguh pengalaman yang lucu kalau dipikirkan. Gambar dari pengaturan permissions Windows yang salah ini admin sertakan pun dibawah guna dijadikan contoh dan kenangan, semoga dapat bahan pembelajaran untuk sahabat.

alur-mengambil-alih-permissions-windows-640x360
sumber gambar: Rizky Yudha Prayoga pada komentar pengunjung dibawah. Ternyata entah kenapa admin lupa menyertakan gambarnya. Thankyou mas Rizky.

Tentu masalah mengenai permission Windows tak dibatasi di akun administrator saja, kesalahan di pengaturan permission user lazim pada Windows pun dapat menjadi penyebabnya. Daripada sahabat bingung mengutak – atik pengaturan permissions akun pada Windows, kadang lebih bagus mereset semuanya pada administrator dan memulai dari awal kembali. Ini adalah sebuah tutorial sangat gampang guna mengatasi masalah di permissions Windows – tinggal reset saja daripada repot.

Apa yang dapat dilakukan guna memperbaiki settings permissions Windows pada semula? Ikuti saja tahap – tahap berikut ini, misal disini yang diubah ijin hak aksesnya ialah drive C: dan menjalankan aplikasi Windows 8 – guna versi Windows lainnya langkahnya mirip, tapi kalau menurut sahabat tidak cukup jelas silahkan tuliskan pada komentar karenanya akan admin perjelas guna versi Windows yang diinginkan.

Pertama-tama tekan kanan di file, folder atau drive yang bermasalah permissions-nya dan pilih Properties, kemudian pindahkan di tab Security.

Tekan tombol Advanced. Ubah Owner pada Username sahabat, kemudian beri centang di “Replace Owner on subcontainers and objects”, dan centang pun di “Replace all child object permission entries with inheritable permission entries from this object”.

Tekan tombol OK guna menggunakan modifikasi permission Windows, dan sahabat dapat menjalankan aplikasi file atau folder yang salah pengaturan permissionnya layaknya sediakala.


 

Kalau sahabat rasa tahap – tahap diatas tidak cukup jelas silahkan ikuti artikel berikut: Cara setting manual permission Windows sumbangan dari mas Rizky pada gambar yang komplit. Alternatifnya seketika mulai tutorial registry dibawah yang jauh lebih gampang.


 

Tambahan: Menurut sahabat tutorial diatas terlalu ribet? Silahkan mulai cara registry guna mengambil alih permissions Windows dengan klik kanan. Nanti dikala sahabat tekan kanan pada suatu file atau folder akan muncul opsi Ambil Alih, lumayan diklik dan telah rampung.

sumber : utekno.com