android-display-color-temperature-settings-360x640-1

Mengatasi layar Android berwarna kemerahan, kekuningan dan kebiruan

Posted on

Ini bukan pertama-tama kali admin membahas soal warna dektop ponsel Android yang tak normal. Yang pasti asalkan bukan rusak LCDnya ini masih dapat diutak – atik sendiri. Kalau sebelumnya admin membahas yang berubah menjadi kelabu dan klise kali ini yang dibahas agak berwarna – warni. Variasinya yang sekilas admin lihat dapat kuning, biru, oranye dan merah.

Dari pengalaman ini disebabkan salah pengaturan dektop/display Android dan sebab tak sadar atau tak paham jadinya tak tahu solusinya bagaimana. Setidaknya guna kasus warna yang salah menyeluruh (rata) ada 2 pengaturan yang dapat dicek.

android-display-color-temperature-settings-360x640

Pengaturan tampilan Android yang tak tepat

  • Pertama-tama, silahkan akses Settings > Display > Screen Color Temperature. Atau sering disebut Suhu warna. Ini yang bikin warna jadi kemerahan atau kebiruan tergantung tingkatnya. Ini coba disetel atau direset.
  • Jawaban alternatif kedua, lewat Settings > Display > Reading Mode. Atau disebut Mode melihat. Ini yang membangun dektop hp menjadi kekuningan atau keoranyean. Dinonaktifkan saja. Kadang istilah pada hape Android sahabat lain, ada yang menyebut Eye Comfort (Realme), Night Light, Blue Light Filter dan seterusnya.

Kesalahan pengaturan aksesibilitas

  • Yang akan jarang orang tahu ada satu setelah aplikasi warna hp Android pada Settings > Accesibility > Color Correction. Ini guna koreksi warna sebetulnya, memudahkan guna yang keterbatasan indera penglihatannya. Kalau misal pada keadaan aktif, matikan saja.

Sementara admin baru tahu 3 petunjuk mengatasi diatas saja, akan guna variasi lain sambil jalan akan admin tambahkan. Yang pasti memang tak harus hingga factory reset.

sumber : utekno.com