regedit-userinit-640x366-1

Mengatasi Explorer muncul setiap kali masuk Windows

Posted on

Ada satu kasus menarik di laptop yang terdapat pada kantor. Jadi setiap kali booting dan sedang proses logon pada desktop Windows 7 pasti muncul Windows Explorer. Pas admin cek setidaknya tak ada virus, jadi kemungkinan masalahnya ada di pengaturan Windows. Istimewanya notebook Dell ini cuma dibawa sehari kembalinya telah ada masalah. Haha. ??
Dari pengalaman admin kalau pas masuk Windows muncul File Explorer dia antara 2: memang tak sengaja ditambahkan pada startup atau ada instruksi entah dari program apa guna membuka file tapi tak ditemukan. Yang kedua ini yang bahaya sebab sering digunakan virus atau malware.

Solusinya sendiri lumayan jelas tapi memang agak repot guna beberapa tutorial alternatifnya. Jadi admin sarankan sahabat hati – hati pada mengikuti cara mengatasinya sebab dapat tambah parah. Ga lucu kan malah hasilnya gagal booting?

Guna petunjuk pertama-tama silahkan membuka registry editor dan kemudian akses lokasi HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionWinlogon dan pastikan di key Userinit isinya yaitu C:Windowssystem32userinit.file exe, layaknya pada gambar kalau bingung.

regedit-userinit-640x366

Yang kedua yaitu lewat System Configuration, silahkan pilih – pilih isi dari Startup. Ini menentukan program apa yang dieksekusi ketika loading Windowsnya. Harap ada teliti pada modifikasi isinya dan memastikan bukan yang urgen yang dimatikan.

msconfig-startup

Ketiga yaitu memanfaatkan program Autoruns, mirip pada cara kedua sebetulnya sebab kita akan search aplikasi – aplikasi yang ikut berjalan pas Windows aktif. Namun lebih mendetail dan informatif kalau dibandingi. Kadang ada yang tak muncul pada System Configuration dapat dideteksi disini. Ceknya di tab Logon dan Winlogon.

autoruns-logon-640x465

Hasilnya? Guna kasus admin dari memperhatikan analisa Autoruns ternyata ada program KUsrInit.file exe yang mau menuliskan datanya di registry, ini yang menyebabkan modifikasi registry di petunjuk pertama-tama selalu gagal. Setelahnya admin coba menjalankan program diatas dan memang cuma muncul Explorer saja dan ternyata ini aplikasi Dell KACE agent. Bawaan dari notebooknya. Akhirnya admin nonaktifkan. Rampung.

Kami harap bermanfaat. ??

sumber : utekno.com