Mengaktifkan password WiFi yang hilang di modem Telkom Speedy

Posted on

Aslinya lumayan ragu ketika admin diberitahu oleh teman bahwa modem ZTE ZXV10 W300S bawaan dari Telkom Speedy mesti menjalankan password WiFi yang tertulis pada label belakang perangkatnya. Jadi katanya tak ada petunjuk mengganti password default WLAN pada modem ini. Reset pengaturan modem telah dilakukan, bahkan kata teman admin teknisi Speedy sendiri ketika datang pada rumahnya telah angkat tangan.

Segera saja admin mengakses laman administrasi modem ZTE ini pada domisili IP 192.168.1.254 (atau 192.168.1.1 ya? lupa tepatnya ?? ) dan menjalankan username dan password default administrator (coba admin dan admin) dari modem pemberian Telkom Speedy.
tp-link-192-168-1-1-640x309

Jujur saja ketika pertama-tama melihat laman administrasinya admin pikir ini yakni modem milik TP-LINK sebab tampilannya persis, padahal milik Huawei lumayan berbeda.

Segera saja admin akses Interface Setup > Wireless, dan benar saja hanya ada option SSID aktif, nama SSID dan sebagainya. Tetapi kotak guna memasukkan password hotspot (Pre-shared key) hilang atau tak ada. Teori admin ini firmware terbaru dari Telkom Speedy guna mencegah user awam mengotak – ngatik pengaturan modem tanpa sengaja dan membuatnya rusak dan dapat jadi masalah ini hanya ada pada modem ZTE ZXV10 W300S.

wifi-modem-interface-setup-wireless-ssid-640x336

Nah… petunjuk admin memperbaiki atau memuncul kotak Pre-shared key ini terus terang tidaklah pada sengaja. ?? Jadi yang admin kerjakan yakni:

  1. Mengubah SSID 1 yang defaultnya aktif dan adalah sebuah hotspot yang digunakan teman admin (ini yang tak dapat diganti passwordnya), menjadi SSID 2 yang berisi Speedy Instan@wifi.id yang pun tak ada kolom passwordnya. Nah… ubah opsinya dari Activated menjadi Deactivated guna mematikannya.
  2. lalu ubah lagi pada SSID 3 dan akan muncul namana flashzone-seamless, ini nonaktifkan pun kalau mati.
  3. Nah… seharusnya SSID 1 yang mau kita ubah passwordnya akan muncul field Pre-shared key yang kita search dari tadi.

Admin sendiri mengikuti hal – hal diatas, cuma mengubah – ubah SSID dan opsi aktif tidaknya. Tak ada yang lain dan tiba -? tiba muncul semacam itu saja. Heran pun sesungguhnya, akan ada glitch pada program modemnya, dan dapat jadi disebabkan SSID 2 dan SSID 3 tak membutuhkan password sebab dia pun SSID 1 terkena pengaruhnya.

Oh ya, mohon maaf tak ada gambarnya asli dari modem yang dibicarakan (admin menjalankan gambar TP-LINK sebab mirip) sebab admin kerjakan pada rumah teman jadi tak terpikirkan guna mengambil screenshot apalagi waktunya telah tengah malam.

sumber : utekno.com