Mencegah situs diindeks Google dan mesin pencari lainnya

Posted on

Kalau kamu entah pada alasan apapun tak mau situsnya diindeks oleh Google karenanya ada tutorial yang gampang guna melakukannya. Tips ini sering kami temui guna komunitas/forum yang mau privasi lebih dan anggota – membernya berasal dari kenalan atau undangan saja. Atau digunakan guna situs internal perusahaan tapi dapat online pun. Jadi membatasi akses guna informasinya.

Jawaban pertama-tama yakni memanfaatkan meta tag dan ini disisipkan pada header situs kamu. Jadi dapat menej HTML atau theme CMS kamu guna menambahkan diantara dari kode dibawah:
<meta name="googlebot" content="noindex">
atau
<meta name="robots" content="noindex">
Yang pertama-tama khusus guna bot Google, tapi mesin telusur lainnya masih boleh mengindeksnya.

Alternatifnya kalau kamu takut mengedit laman situsnya seketika karenanya dapat memanfaatkan file robots.txt, dan tambahkan kode berikut:
User-agent: googlebot Disallow: /
atau lebih bagus ini:
User-agent: * Disallow: /
Idem pun, sebaiknya gunakan yang kedua agar search engine lain tak meramban laman laman kamu.

Bagaimana kalau ini mau digunakan di situs yang telah lama dan terindeks pada Google? Tunggu saja, lama – lama akan lenyap semuanya kok seluruh konten laman tersebut di index Google.

Oh ya, kalau kamu memakai WordPress malah telah ada settingnya di Pengaturan > Melihat > Penampakan di Mesin Pencari dan tinggal beri centang saja.

sumber : utekno.com