google-images-640x209-1

Mencari berdasarkan gambar menggunakan Google Images

Posted on

Search gambar atau image pada Google dapat pada Google Images pada mengetikkan kata kunci yang sahabat inginkan, tapi kalau search suatu informasi mengenai suatu gambar atau image karenanya sahabat dapat menjalankan aplikasi fitur search menurut gambar atau image pada Google Images. Jadi sahabat dapat melacak asal suatu gambar atau setidaknya tahu informasi mengenai image atau gambar tersebut.

Tutorial menjalankan aplikasi Google Images Search gampang kok, sahabat lumayan membuka laman Google Images dan tekan di icon kamera yang bertuliskan Search by images.

google-images-640x209

Berikutnya akan muncul jendela popup, defaultnya yakni menjalankan aplikasi URL dari file gambar (Paste image URL) – sahabat dapat mengcopy-pastekan linknya dan kemudian tekan Search by image.

google-images-search-by-image-paste-image-url

Atau sahabat mengubah tabnya pada Upload an Image guna search menjalankan aplikasi gambar yang terdapat pada komputer sahabat. Demikian itu proses upload rampung sahabat akan dialihkan pada hasil laman search.
google-images-search-by-image-upload-an-image

Informasi mengenai ukuran gambar dan apa isinya akan muncul, semakin populer gambar atau image tersebut akan semakin akurat hasilnya.

google-search-by-images-result-1-640x467

Berikutnya Google akan menampilkan gambar – gambar yang mirip pada yang sahabat search, disusul pada lokasi gambar yang sahabat search tersebut pada internet.
google-search-by-images-result-2-527x480

Tutorial search menjalankan aplikasi image atau gambar ini lazim disebut reverse image search dan TinEye adalah sebuah diantara alternatifnya. Diantara contoh kasus guna search gambar terbalik ini yakni guna mengetahui asal atau sejarah dari gambar, pun dimana saja gambar tersebut berada – siapa tahu sahabat membutuhkan gambar tersebut pada kualitas lebih bagus.

sumber : utekno.com