Memperbaiki suara tidak keluar dari headphone atau speaker di Android

Posted on

Aneh sekali handphone teman kami tiba – tiba dikala dipasangkan headphone tak dapat keluar suaranya dan iseng saja ditancapkan kabel audio speaker (merek Simbadda) pun sunyi. ?? Ponsel teman kami ini ialah Smartfren Andromax V3s (Android 4.4 Kitkat) yang baru saja dibeli minggu lalu dan dikala dicek pada Galeri Smartfren berfungsi normal. Kalau mendengarkan lagu atau video via speaker internal hpnya masih normal, jadi ringtone dan bunyi notifikasi jelas tak bermasalah.

Sebab teman kami masih membutuhkan handphone tersebut guna mencoba makanya enggan datang menserviskan, apalagi prosesnya dapat beberapa minggu. Diagnosa awal memang port audio pada hpnya bermasalah, kami cek headset dan speaker eksternal tadi pada ASUS Zenfone 5 (Android 4.4.2 Kitkat) milik kami pun mudah saja. Tentu saja direstart telah kami coba dan tak sukses diatasi.

Dari hasil search pada internet tampaknya ada beberapa jawaban yang dapat dicoba guna memperbaiki masalah suara tak keluar kalau gadget Android dipasangkan pada headphone atau speaker. Berikut akan kami tuliskan beberapa diantaranya yang telah kami coba dan mana yang sukses untuk kami, guna kamu akan berbeda jadi silahkan coba satu per satu.

  1. Mainkan lagu pada ponsel kamu baru kemudian install speaker atau headphonenya. Dikala kami coba masih gagal pada cara ini.
  2. Restart handphone pada kondisi kabel headphone atau speaker terpasang, akan dikala Android sedang loading dan mendeteksi adanya kontak kepada gadget lain akan dikoneksikan ulang. Di tahap ini kami sukses menyelesaikan kasusnya.
  3. Kalau kamu menjalankan microSD card coba dilepaskan dan dipasang kembali. Jadi lepaskan dahulu kemudian nyalakan handphone kamu dan pasangkan kabel headphonenya, kalau muncul suaranya karenanya install kembali kartu SDnya. Belum sempat kami coba kalau yang ini sebab telah sukses diperbaiki, tapi kami tuliskan sebab banyak orang mengatakan ini dapat menjadi penyebabnya.
  4. Silahkan coba install software SoundAbout guna “memaksa” Android menjalankan jalur audio mana pada perangkatnya.
  5. Coba install headset dan telepon siapa saja kemudian seketika lepaskan. Dikala ada nada sambung dapat diputus panggilannya. Tak mesti diangkat oleh teman kamu.

Silahkan dicoba diantara dulu, jangan dilakukan semuanya bersamaan. Kalau masih gagal pun tampaknya tinggal petunjuk terakhir yaitu reset handphone Android kamu, silahkan backup dahulu data – data urgen kamu sebelum mengikuti proses ini.

Oh ya, bila tak sukses sama sekali walau telah direset karenanya tak ada jalan lain kecuali mengarahkan handphone kamu pada service center. Kemungkinan jack audionya telah rusak.

Kami harap sukses. ??

Update 4 Januari 2016: Menambahkan 2 jawaban alternatif lain.

sumber : utekno.com