windows-7-no-network-access

Memperbaiki komputer tidak mendapatkan alamat IP saat terhubung ke modem, router atau WiFi

Posted on

Masalah ini lumayan unik dari pengalaman admin dikala mencoba memperbaikinya, jadi dikala komputer telah terhubung pada modem atau router tapi tak diberi domisili IP melalui otomatis oleh DHCP. Walau di awalnya admin melihat hal ini terjadi di dikala terkoneksi pada WiFi (hotspot), ternyata dikala dipasangkan seketika menjalankan kabel LAN pada modem pun masih bermasalah, padahal komputer dan gadget lainnya layaknya handphone dan tablet normal – normal saja.

Kata si pemilik komputer masalah ini muncul sejak menghapus instalasi antivirus yang dilengkapi firewall. Jadi nantinya kadang muncul Limited Access, dan dikala mencoba command ipconfig menampilkan informasi jaringan pun kosong semuanya. Agak misterius pun apa penyebab kerusakan ini pada Windows.

windows-7-no-network-access

Berikut yaitu beberapa petunjuk yang dapat sahabat coba kerjakan guna memperbaiki masalah ini, silahkan pilih dari yang termudah untuk sahabat.

Pengaturan IP dinamis menjadi statis

Kalau sebelumnya sahabat bergantung di DHCP dari modem yang melalui otomatis mengatur domisili IP komputer sahabat karenanya kali ini sahabat dapat mencoba menjadikannya statis.

windows-7-tcp-ip-properties-dhcp-disabled

Jadi akses Network Connections pada Windows dan ubah alamat IP dari network adapter yang digunakan, pastikan sahabat mengikuti skema IP address jaringan sahabat dan pun subnet masknya.

Mereset pengaturan TCP/IP

Kamu dapat mencoba mengembalikan pengaturan WinSOCK dan TCP/IP pada semula, memang masalah ini dapat disebabkan konfigurasi keduanya telah rusak dan harus dipulihkan. Jalankan command prompt pada hak administrator dan ketikkan kedua command berikut melalui berurutan:
netsh winsock reset catalog
netsh int ip reset reset.log hit

cmd-netsh-winsock-reset-catalog

Kalau sahabat ragu menjalankan command diatas karenanya dapat menjalankan tool resmi dari Microsoft guna mereset TCP/IP pada Microsoft Fixit Tool:

  • Microsoft Fix it 20140 – Windows 8.1, Windows 8, Windows RT, Windows 7, Windows Server 2012R2, Windows Server 2012, dan Windows Server 2008R2.
  • Microsoft Fix it 50199 – Windows Vista, Windows XP, Windows Server 2008, dan Windows Server 2003.

Install ulang driver Ethernet dan Wireless

Kalau kedua petunjuk sebelumnya masih gagal pun tampaknya sahabat terpaksa menghapus driver network yang terdapat terlebih dahulu, kemudian search versi terbarunya dan menginstall kembali.

Bila masih belum ada hasil positif tampaknya sahabat terpaksa membeli LAN card atau USB Wireless baru selaku penggantinya.

sumber : utekno.com