windows-mobility-center

Memperbaiki brightness di Windows

Posted on

Ada hal yang membingungkan yang sempat admin alami ketika mencoba memperbaiki laptop teman yang pengaturan slider brightness yang tak muncul pada Windows 7. Jadi teman admin mau meningkatkan tingkat kecerahan dektop (brightness) sebab terlalu gelap ketika diaplikasikan, prosedur yang gampang ini malah menjadi sulit sebab adanya masalah yang tak terduga.

Sewajarnya kita dapat mengaksesnya lewat icon power pada taskbar kanan bawah (system tray) dan kemudian memilih Adjust screen brightness, dan akan muncul jendela Power Options. Nah tepat pada bagian bawah jendela ini seharusnya akan ada slider yang dapat digeser guna mengubah tingkat terang monitor.

windows7-power-options-640x414

Inilah yang tak ada, sehingga kita tak dapat mengatur pengaturan brightness Windows.

Windows Mobility Center

Dari pengalaman admin sebelumnya ini biasanya yaitu glitch didalam program operasi Windows dan dapat bermacam – macam penyebab error ini. Tetapi sebelum kita terlalu jauh mencoba memperbaikinya silahkan sahabat klik tombol Windows+X, akan muncul Windows Mobility Center. Pada jendela ini sahabat akan melihat bermacam-macam macam konfigurasi guna beberapa fitur didalam Windows dan brightness adalah sebuah salah satunya.
windows-mobility-center

Silahkan ubah slider di Display brightness sesuai pada keinginan sahabat. Ini dapat menjadi petunjuk kalau sahabat tak mau repot – repot mencoba mengatasi masalah brightness pada Windows, dan slider guna menyesuaikan brightness pada Power Options akan tetap hilang kalau dibiarkan.

Install ulang driver graphic card

Kadang masalah ini disebabkan oleh driver dari VGA komputer kita mengalami kerusakan atau korup filenya. Silahkan sahabat unduh dan install dari versi terbaru driver kartu grafis sahabat. Admin sarankan sebelumnya guna menghapus melalui bersih dahulu drivernya memakai Display Driver Uninstaller baru sahabat mengikuti proses instalasinya.

display-driver-uninstaller-526x480

Misal yang sahabat mau perbaiki yaitu guna laptop karenanya jangan unduh dari situs pembuat GPUnya, melainkan mesti dari situs pembuat laptop sahabat. Singkatnya kalau mereknya ASUS ya pada situs resmi ASUS, Dell pada situs resmi Dell, Lenovo pada situs resmi Lenovo, dan sejenisnya.

Hapus driver monitor yang aktif

Petunjuk alternatif guna mengatasi lenyapnya pengaturan brightness Windows yaitu pada menghapus driver yang diaplikasikan guna monitor. Kita harus mengakses Device Manager, tutorial cepatnya yaitu pada memanggil run dialog (Windows+R) dan mengetikkan petunjuk devmgmt.msc kemudian ENTER.
windows-7-run-devmgmt-msc

Akan muncul daftar hardware yang terpasang pada komputer sahabat, silahkan akses bagian Monitors dan di nama monitor yang muncul (umumnya Generic PnP Monitor, Digital Flat Panel dan sebagainya) tekan kanan kemudian pilih Uninstall.
windows-7-device-manager-hardware-context-menu

Kalau telah karenanya tekan tombol Scan for hardware changes di toolbar Device Manager atau dapat pun mengakses opsi ini lewat tekan kanan di icon monitor yang telah berubah menjadi tanda tanya kuning menandakan hardware tersebut terdeteksi tapi Windows tak memasang drivernya.

Yang sedang kita kerjakan ini yaitu menghapus driver monitor yang sedang digunakan Windows dan kemungkinan menjadi penyebab masalah ini. Sesudah dia Windows akan berusaha menginstall ulang driver yang cocok, kadang pada proses ini akan sukses memperbaikinya.

Kami harap memudahkan. ??

sumber : utekno.com