vlc-media-menu

Konversi MKV ke MP4 dengan VLC Media Player

Posted on

Diantara artikel lama yang lumayan populer yakni mengikuti konversi video dengan format MKV menjadi MP4 yang memang lebih kompatibel diputar pada handphone atau tablet. Namun sistem aplikasi yang kami bahas sebelumnya sendiri kadang error pada usahanya mengubah video tertentu, sebab dia kami akan membahas sistem aplikasi alternatifnya yaitu memanfaatkan VLC Media Player.

Ya, kami sendiri baru tahu pada VLC selain hebat pada memainkan video pun ada fitur konversi antar format video dan tutorial menggunakannya sendiri benar-benar gampang. Tinggal sahabat akses fitur Media dan didalamnya akan ada opsi Convert / Save atau klik CTRL+R guna cepatnya.

vlc-media-menu

Nanti akan muncul jendela pemilihan file Media, dapat video atau audio diisikan disini. Kalau ada file subtitle (.ASS, .SRT, .SSA, dan sebagainya) dapat ditambahkan pun guna digabungkan nantinya. Lanjutkan pada tekan Convert/Save dibawah.

vlc-open-media

Nah… disinilah letak pengaturan menentukan apa jenis video hasil konversi, melalui default akan menggunakan aplikasi profil Video – H.264+MP3 (MP4). Yang didalam kurung dia nanti ekstensi filenya. Ada preset kualitas SD, HD, guna handphone atau tablet, dan masih banyak lagi. Silahkan dites sendiri mana yang sangat cocok guna keperluan sahabat.

vlc-convert-media

lalu isikan nama file hasil konversi dan disimpan pada folder mana. Akhirnya kalau telah pas semuanya setelannya tekan saja Start. Jangan bingung kalau seketika tertutup jendelanya dan cuma menampilkan jendela utama VLC yang hitam pada icon Traffic Cone-nya, perhatikan seek-bar dibawahnya dia menandakan telah hingga mana proses konversi videonya. Awalnya kami pun bingung kok tak muncul apa – apa. Haha. ??

Oh ya, ini panduannya memang kasus spesifik MKV pada MP4, tapi sesungguhnya VLC mampu konversi format – format video lainnya. Jadi serba dapat dan tak hanya terbatas yang kami bahas disini.

sumber : utekno.com