cloudflare-captcha-640x365-3

Kenapa muncul CAPTCHA CloudFlare?

Posted on

Sejak admin berpindah dari Telkom Speedy pada Innovate kadang ketika mengakses laman akan muncul page CAPTCHA milik CloudFlare dan ini akan harus dilakukan setiap 1 jam di tempat tinggal situs yang sama. Masalahnya kini telah banyak laman yang memakai CloudFlare guna melindungi konten dan mempercepat aksesnya, jadi di setiap situs kita harus mengisikan CAPTCHA berulang kali. Repot bukan?

Jadi singkatnya CloudFlare menganggap pengunjung (sahabat) bukanlah manusia dan mau memverifikasinya pada mengisikan kode CAPTCHA. Darimana mereka mengunduh data kalau sahabat yakni spammer, bot atau penyebar malware? CloudFlare akan menganalisa tempat tinggal IP sahabat pada Project Honeypot, kemudian mengecek menggunakan aplikasi browser apa, dan bagaimana perilaku mesin yang sahabat mulai ketika dia.

cloudflare-captcha-640x365

Terus bagaimana petunjuk mengatasinya? NahÂ… jujur saja posisi kita selaku pengunjung situs lumayan lemah dan terbatas. sahabat dapat melaporkan pada pemilik laman bahwa ada kesalahan dan tempat tinggal IP yang sedang digunakan sudah diblokir CloudFlare. Tetapi ini jarang direspon dan ditindaklanjuti. Solusinya dan memang yang sangat gampang yakni mengunduh tempat tinggal IP baru, ini dapat pada restart modem atau koneksi ulang data seluler.

Langkah diatas lebih sering terjadi dibandingi pemilik laman memblokir negara Indonesia, tempat tinggal IP sahabat, atau memicu peraturan yang sudah ditetapkan di firewall program website milik CloudFlare. Kalau ini jelas solusinya hanya dapat dari pihak yang memasang. Oh ya, alasannya pun mirip pada munculnya CAPTCHA di Google.

sumber : utekno.com