Inbox.eu: Email hosting gratis dengan custom domain

Posted on

Diantara laman klien admin membutuhkan akses email tapi pada domainnya sendiri (misal: surat@utekno.com), dan ini hakekatnya dapat lewat cPanel tapi tidak cukup maksimal. Selain kapasitasnya kecil pun kadang koneksinya tidak cukup dapat diandalkan. Jadinya akan lebih bagus menjalankan aplikasi layanan email hosting yang mempunyai dukungan kembangkan domain, dan lebih bagus lagi kalau cuma-cuma.

Bila sebelumnya admin membahas mengenai Zoho Mail karenanya admin kali ini menuliskan mengenai alternatifnya: Inbox.eu. Layanan gratisnya memberikan 3 user account pada kapasitas 15 GB. Telah jauh lebih dari lumayan guna pengguna lazimnya. Seketika saja akses laman registrasinya dan isikan nama domain yang mau dipasangkan.

inbox-eu-registration-enter-domain-name

Berikutnya sebab jelas kita belum mempunyai akun pada Inbox.eu tekan tombol Sign-up pada option kanan.

lalu isikan username dan domisili email baru guna akun Inbox.eu (mesti berbeda pada satu sama lain), ini nanti digunakan guna pengaturan domainnya pun. Sisanya ialah data diri. Kalau telah tekan Submit.

inbox-eu-registration-form-640x291

Dilanjutkan pada mengisikan nama domain lagi, tekan Create. Akan muncul tabel berisi daftar domain sahabat pada Inbox.eu dan ada pesan bahwa belum divalidasi. Tekan Manage guna pada proses berikutnya.

inbox-eu-admin-manage-640x254

Nah… tekan Review guna menjalankan proses validasi kepemilikan nama domain.

inbox-eu-admin-manage-domains-640x353

Akan ada beberapa sistem yang dapat sahabat mulai layaknya mengganti DNS server, menjalankan aplikasi MX Record, mengupload file HTML atau lewat DNS Record berjenis TXT. Silahkan pilih yang menurut sahabat termudah. Ada batasan maksimal 30 hari lho, kalau lewat karenanya akan otomatis dihapus.

inbox-eu-validation-methods-640x283

Admin menjalankan aplikasi sistem verifikasi MX Record, dan sebab telah sukses (tekan Recheck ya) akan diminta menambahkan SPF record dan A record di managemen DNS domain tadi.

inbox-eu-dns-records-640x258

Telah semuanya? Selanjutnya sahabat tinggal merancang user baru dan dapat menggunakannya guna berkomunikasi lewat email. Ingat guna versi gratisnya dibatasi 3 akun saja lho. Page loginnya tetap pada situs utamanya.

inbox-eu-mailbox-640x251

Rampung telah proses registrasi email hosting cuma-cuma pada domain sendiri. Gampang kan? Sayang tampaknya tak ada fitur email alias atau catch-all pada Inbox.eu. Akan suatu dikala.

sumber : utekno.com