Implementasi Dan Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Dalam Kelayakan Pendirian Ra/Ba/Ta (Studi Kasus Kota Malang)

Posted on
ABSTRAK
Untuk sebuah instansi pemerintah seperti Departemen Agama ketidakefisienan prosedur kelayakan pendirian RA/BA/TA dan tak adanya standarisasi sekolah Islam yang layak yakni masalah urgen yang dapat berpengaruh di kualitas pendidikan anak usia dini. Jikalau tak ada standarisasi mengenai RA/BA/TA yang berkualitas karenanya pendidikan anak usia dini akan tersisihkan. Padahal pendidikan anak usia dini yang bagus akan berpengaruh di perkembangan anak karena usia dini yakni waktu peletakan basic akhlak yang kelak akan bermanfaat pada kehidupan anak berikutnya.
Oleh karena itu perlu dikerjakan suatu aplikasi yang dapat menentukan kelayakan sebuah sekolah Islam pada hal ini RA/BA/TA bagi didirikan dan diberi ijin operasional oleh Departemen Agama (Depag) yang sesuai dengan standar sekolah Islam berkualitas Penelitian ini terfokus di bagaimana mendesain dan merancang program sisfo geografis sekaligus aplikasi pendukung keputusan yang dapat digunakan bagi menentukan kelayakan pendirian RA/BA/TA. Desain penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni sistem observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh meliputi sumber data pustaka yang diambil dari beragam literatur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sisfo geografis sekaligus aplikasi pendukung keputusan yang dapat digunakan bagi menentukan kelayakan pendirian RA/BA/TA betul-betul berpengaruh di keefisienan prosedur dan peningkatan standar sekolah Islam yang berkualitas. Saran yang diberikan diperuntukkan untuk Departemen Agama bagi memperbaiki aplikasi berikutnya dan di masyarakat yang diinginkan dapat mengaplikasikan Aplikasi Informasi Geografis dan Aplikasi Pendukung Keputusan. Dari hasil penelitian perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif sehingga dapat diperoleh pemahaman yang mendalam dan data yang lebih valid mengenai Aplikasi Informasi Geografis pada menentukan kelayakan pendirian RA/BA/TA.

Kata Kunci: Aplikasi Informasi Geografis, Kelayakan, RA/BA/TA.


Unduh File : 
Unduh Source Code Program :

Screnshot Program :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *