Daftar control panel web hosting gratis untuk VPS

Posted on

Untuk yang telah punya laman lumayan populer biasanya telah tak mampu lagi kalau masih tetap ditempatkan di shared hosting. Tingginya trafik pengunjung dapat membangun hostingnya kena CPU limit, akibatnya sering muncul pesan error layaknya Internal Server Error atau Connection Timed Out. Ada beberapa jawaban yang dapat mengurangi beban kerjanya tapi tetap saja yang terbaik pindah pada VPS (Virtual Private Server) agar lebih leluasa pada batasannya dan lebih kuat pada melayani ribuan pengunjung per hari.

Kalau sahabat belum siap guna menggunakan aplikasi server Linux murni pada shell/command line karenanya dapat ambil jalan tengahnya dulu memanfaatkan control panel website hosting. Ini tak mesti berbayar, ada kok yang tidak dipungut bayaran tapi tetap berkualitas. Cuma memang butuh pembiasaan saja sebab agak berbeda pada cPanel manajemennya.

Ada beberapa produk yang dapat sahabat coba:

  1. Webuzo: http://www.webuzo.com/
    Webuzo adalah control panel tidak dipungut bayaran yang telah mengintegrasikan auto-installer guna CMS – CMS populer layaknya WordPress, Joomla, Drupal dan masih banyak lagi. Guna versi gratisnya hanya menawarkan 55 CMS tapi ini telah jauh lebih dari lumayan guna pemakaian hosting situs website biasanya. Guna website servernya sendiri lumayan standar: Apache, MySQL, PHP tapi dapat sahabat modifikasi lagi pada menambahkan Nginx misalnya. Semuanya dapat diatur dari panelnya. Script ini keluaran dari Softaculous yang biasanya ada pada cPanel, jadi masih mirip – mirip pemakaiannya.
  2. VestaCP: http://vestacp.com/
    Sedangkan VestaCP lebih diarahkan guna hosting laman melalui umum. Yang dibawanya yaitu Nginx selaku reverse proxy, Apache, MySQL dan PHP. lalu masih ada phpMyAdmin, DNS server, Mail hosting, FTP server dan masih ada lagi. Kamu tak butuh bingung menggunakannya, tinggal tambahkan nama domain, bikin database dan upload file – filenya lewat FTP. Berikutnya sama saja pada shared hosting biasanya. Fitur backup otomatisnya pun betul-betul memudahkan.
    vestacp-admin-panel-640x382
  3. Sentora: http://www.sentora.org/
    Ini adalah fork dari ZPanel yang ditinggalkan sebab banyaknya celah keamanan. Diantara control panel website hosting termudah yang kami pernah coba. Proses instalasinya lumayan cepat dan tinggal sahabat gunakan saja setelahnya. Apa yang ditawarkan dari segi sistem termasuk standar tapi memang mengunggulkan kemudahannya.
  4. Webmin: http://www.webmin.com/
    Sedangkan Webmin kami sukai sebab ringan ketika diinstall pada VPS dan sungguh komplit fitur – fiturnya. Fokus dari Webmin yaitu kita selaku pengguna dapat mengatur semua detail website hosting lewat control panelnya. Jadi kita tak butuh turut berpartisipasi seketika lewat SSH guna menej konfigurasi kecuali ketika pertama-tama kali menginstallnya. Tetapi jeleknya kadang lumayan menakutkan sebab banyaknya pengaturan yang dapat diakses.

Kalau mau coba – coba control panel diatas yang manapun agar RAM minimal guna VPSnya yaitu 512MB, ini guna ratusan atau ribuan pengunjung per hari masih mampu. Tetapi kami lebih menganjurkan agar seketika 1GB kalau dapat, tak wajib tapi lumayan memudahkan. Atau gunakan Cloud Server layaknya DigitalOcean dan Vultr yang pada gampang kita dapat mengikuti upgrade dan downgrade paket servernya.

Memang tak banyak control panel website hosting tidak dipungut bayaran yang kami bahas, ini sebab kami rasa telah lumayan melingkupi 90% keperluan pengguna biasanya dan yang lainnya belum kami coba.

Kami harap bermanfaat. ??

sumber : utekno.com