virus-locker-640x417-1

CryptoPrevent: Mencegah semua jenis virus kripto

Posted on

Menangani banyak komputer kantor merancang admin banyak belajar mengenai program keamanannya dan pun bagaimana virus atau malware menyerang. Dulu admin kira yang sangat berbahaya yakni kalau data urgen atau aktifitas dihapus virusnya, tapi ini masih dapat dipulihkan pada sistem layaknya Recuva.

Ternyata setelah beberapa tahun dan terkena serangan CryptoLocker tahun lalu yang lebih menyeramkan yakni file – file yang dienkripsi dan passwordnya disandera oleh pembuat virusnya (tipe program jahat ini yakni ransomware) – nanti kita diminta menebusnya pada mengirimkan uang lewat Western Union atau Bitcoin. Kamu dapat mencoba mengembalikannya sendiri tapi tak ada jaminan sukses.

virus-locker-640x417
barbsicle / Reddit

Baru – baru ini admin berurusan lagi pada varian virus kriptografi ini pada nama CryptoWall atau Locker, dan untungnya pada komputer admin dapat dicegah oleh MalwareBytes Anti-Malware Premium yang selalu aktif pada background. Ya, anehnya antivirus admin (NOD32) tak sukses mendeteksinya melalui dini.

Nah… kalau sahabat telah siap khawatir komputer – komputer pada jaringan sahabat diinfeksi oleh virus yang mengenkripsi file – file urgen sahabat karenanya dapat menjalankan CryptoPrevent guna mencegah masuknya program – program jahat tersebut. Kenapa admin anjurkan software ini? Sebabnya selain tidak dipungut bayaran pun betul-betul ampuh mengatasi malware pada modus yang serupa.

cryptoprevent

Nanti sahabat akan diminta memilih tingkat proteksinya, admin anjurkan pilih Default atau Basic agar program – program yang terdapat pada komputer tak bermasalah ketika dijalankan. Bila memilih tingkat yang lebih tinggi (Maximum Protection / Program Filtering) ada resiko menghalangi daya kerja program pada Windows. Sesudah sahabat menentukan yang mana opsinya tunggu sesaat dan kemudian akan diminta restart agar perubahan konfigurasi Windows diaplikasikan.

Rampung, dan bahkan sahabat tak harus membuka program CryptoPrevent lagi kecuali sahabat mau membatalkan perlindungannya. Cuma butuh sekali guna pengaturan, dijalankan dan dilupakan.

sumber : utekno.com