huawei-hg532e-tp-link-td-w8151n-640x480-1

Ciri – ciri modem ADSL rusak atau bermasalah

Posted on

Dalam rentang waktu kami menjalankan aplikasi Telkom Speedy (sekarang ini IndiHome) guna akses internet telah berganti 3 kali modemnya, awalnya bukan sebab rusak melainkan adanya tawaran upgrade tidak dipungut bayaran modem lazim tanpa WiFi (TP-LINK TD-8817) menjadi dilengkapi fitur jaringan nirkabel (TP-LINK TD-W8151N dan akhirnya menjadi Huawei HG532e). Sebab banyaknya modem ADSL (Asymmetric digital subscriber line) kami ini akhirnya menjadi tahu dan hapal kalau ada masalah dan (akan) ada kerusakan pada gadget kerasnya.

Sebetulnya tak banyak ciri – cirinya, tapi kalau kamu mengalami koneksi internet tiba – tiba terputus (disconnect) di jam – jam tertentu setiap harinya karenanya ini belum tentu salah modemnya. Kalau kamu mempunyai pesawat telepon rumah karenanya coba mulai guna menelpon apakah suaranya bersih (tak ada noise atau bunyi kresek – kresek), misal kualitasnya tidak cukup bagus karenanya besar kemungkinan ini ada masalah di jaringan teleponnya. Nah… bila ini yang kamu alami sebaiknya hubungi customer service Telkom pada 147 guna menjadwalkan teknisi guna mengganti kabelnya.
huawei-hg532e-tp-link-td-w8151n-640x480

Lain lagi kasusnya kalau yang terjadi yaitu setelah beberapa jam online tiba – tiba putus sendiri sinkronisasi ADSLnya dan berusaha tersambung lagi, dan kemudian akan berulang – ulang setiap beberapa jam.

Nah… kalau ini tampaknya modem kamu telah rusak. akan tetapi tak ada salahnya kamu mencoba koneksi telepon kamu sebelum memvonis masalah yang kamu alami. Dari pengalaman kalau kasus ini terjadi sebab tak pernah dimatikan dan modemnya menjadi terlalu panas sehingga komponen yang terdapat didalamnya dapat mengembang bahkan leleh, ini kami lihat dikala membongkar modem lama kami (TD-8817) dan terjadi lagi pada (TD-W8151N), yang Huawei HG532e malah lebih awet padahal kami sangat mematikan seminggu sekali atau dikala mati lampu.

Masalah di modem tak melulu pada stabilnya akses internet, kadang WiFi pun ikut rewel kalau ada pengaturan yang tidak cukup tepat. Kita jelas tahu kalau jaringan hotspot tentu ada jarak atau jangkauan sinyalnya, dan ini dapat kita atur seberapa kuat sinyalnya dan ikut mengubah coveragenya kalau diganti nilainya.

tp-link-td-w8151n-access-point-settings-640x277

Misal kamu tak harus sinyalnya hingga pada lantai 2 atau hingga pada bagian belakang rumah karenanya batasi kekuatan sinyalnya secukupnya, asal dapat terhubung sudahlah lumayan. Kalau dimaksimalkan nilai transmit power ini dapat merancang komponennya panas sekali dan lama – kelamaan bila tak pernah diistirahatkan melalui rutin dapat merusak melalui permanen. Jangan kaget kalau susah sekali tersambung pada WiFi atau koneksinya sering putus nyambung.

Terakhir yaitu kalau lampu ADSLnya hidup menandakan telah terjadi sinkronisasi jaringan tapi kok lampu guna internetnya malah mati. Ini dari pengalaman biasanya sebab ada masalah dari jaringan Telkom, bukan salah kita selaku penggunanya. akan tetapi tak ada salahnya kamu mengecek apakah username dan password Speedy kamu telah benar, siapa tahu entah kenapa hilang (amat kecil kemungkinannya kecuali direset).

Jangan lupa sebelum membeli modem baru coba ganti kabel LAN (RJ-45) dan splitter dan juga kabelnya kalau dapat, kalau tak ditata rapi kadang tertekuk dan kawat tembaga didalamnya dapat putus sehingga koneksinya jelas bermasalah.

sumber : utekno.com