Cerita nomor resi dari pelapak gagal dilacak

Posted on

Telah beberapa kali admin membahas mengenai aplikasi transaksi dan pembayaran dari online marketplace BukaLapak. Namun diperbandingkan si hijau ada satu kasus yang kadang ditanyakan pada admin. Yaitu status barang telah dikirimkan dan customer telah bisa nomor resi dari pelapak tapi kok gagal dilacak.

Tips layaknya ini lumrah terjadi sesungguhnya di JNE atau ekspedisi lainnya, separah – parahnya tak lewat 24 jam sejak dikirim pasti telah dapat dilacak. Namun yang dialami beberapa orang dapat lain sekali, hingga 3 hari lewat pun belum tentu ditemukan.

logo-bukalapak

Admin sisipkan dulu beberapa sumber pertanyaan pengunjung yang mempunyai masalah yang sama:

  1. http://utekno.com/cara-cek-status-pemesanan-bukalapak-11283/comment-page-2#comment-20639
  2. http://utekno.com/mengenal-jam-hari-kerja-jne-11569/comment-page-3#comment-20769
  3. http://utekno.com/mengetahui-arti-kode-shipment-status-di-jne-2655/comment-page-35#comment-23718

Jadi penyebabnya apa? Sesudah admin search tahu, ternyata pengalaman beberapa pengunjung diatas kadang dapat terjadi sebab yang didapatkan yaitu nomor resi palsu atau bodong. Apakah ini penipuan? Ternyata bukan, kabarnya kalau si pelapak tak mempunyai stok barang atau menggunakan aplikasi aplikasi dropship tapi hampir habis batas waktu pengirimannya – 3 hari sejak pesanan diterima diproses kalau tak salah – karenanya akan diisikan nomor resi abal – abal tersebut. Nanti kalau telah bisa yang benar karenanya akan digantikan yang baru disertai alasan salah nomor resi.

Admin sendiri belum pernah mengalaminya, tapi agak heran pun kok dapat menjadi tema modus operasional beberapa pelapak. Teori admin sih akan daripada gagal bisa order sebab barang kosong dikala dia dan pasti pada beberapa hari dapat dikirimkan jadi diterima saja. Misal sukses ya cuma tambah lama saja prosesnya, kalaupun gagal ya tak rugi apapun sebab dari awal tak ada barangnya. Yang ga enak uang customer tertahan dan mereka masih berharap barangnya datang. ??

Apalagi dari cerita beberapa pengunjung kadang si pelapak tak responsif dikala dikonfirmasi kenapa nomor resinya tak dapat dilacak, padahal orangnya sering online. ??

Admin tambahkan referensi lagi yang membahas hal yang sama, sumbernya malah dari forum BukaLapak sendiri:

  1. https://komunitas.bukalapak.com/s/lracmn/tips_jika_buyer_mendapat_resi_bodong_tidak_terlacak_seller_wajib_menanggapi
  2. https://komunitas.bukalapak.com/s/izaayq/resi_bodongan
  3. https://komunitas.bukalapak.com/s/3ponpv/no_resi_yang_dikirimkan_ke_bukalapak_oleh_pelapak_tidak_valid

Kami harap dapat sedikit mencerahkan kenapa ada hal semacam ini. Apakah sahabat mengalami masalah yang sama?

sumber : utekno.com