namecheap-epp-code-information-for-the-requested-domains

Cara transfer domain keluar dari Namecheap

Posted on

Namecheap adalah diantara penyedia jasa pendaftaran domain terbesar dan terpopuler pada dunia, pada harganya yang kompetitif guna mendaftarkan domain baru, memperpanjang waktu berlaku domain dan transfer masuk domain membuatnya menjadi pertimbangan pertama-tama guna transaksi yang berhubungan pada domain. Apalagi pada rutinnya diskon, deal dan promosi yang akan diinformasikan lewat Twitter, Facebook, situs Namecheap dan pastinya email seketika pada customer.

Namun bukan berarti tak ada alternatif lain pada layanan registrasi domain, beberapa saingannya pun menawarkan harga yang kompetitif dan biasanya guna transfer domain akan lebih murah dari registrasi atau renewal. Tak ada salahnya kalau kita manfaatkan promosi saingan guna memindahkan domain kita. Selain harga dapat didapatkan pada lebih murah pun akan mengunduh perpanjangan waktu berlaku dalam rentang waktu 1 tahun guna setiap domain yang ditransfer. Dapat diperkirakan keuntungannya bukan? Selanjutnya bagaimana petunjuk meminta Namecheap guna memindahkan domain kita keluar?

Petunjuk request transfer keluar domain dari Namecheap

Silahkan login dulu pada akun Namecheap sahabat, akses Domain List pada memilih Your Domains pada fitur di kotak bagian kiri.

namecheap-domain-names-menu

Search nama domain yang mau sahabat transfer keluar dan tekan domain tersebut.

namecheap-domain-list-640x68

Menonaktifkan Private Whois

Kalau domain tersebut dilindungi pada Private WHOIS atau WhoisGuard (produk Namecheap) karenanya matikan dulu fitur ini pada tekan Disable WhoisGuard.

namecheap-whois-guard-640x87

Langkah ini harus dilakukan guna verifikasi identitas pemilik domain dan apakah permintaan transfer domain keluar yakni valid. Pastikan setelah mematikan perlindungan privasi WHOIS email kontak guna domain tersebut yakni pada domisili email milik sahabat sendiri.

Mematikan Domain Lock

Laman pengaturan domain yang terpilih akan muncul, disini ada beberapa tool yang dapat sahabat manfaatkan guna mengatur domain sahabat pada Namecheap. Sebab yang akan kita kerjakan yakni mentransfer keluar domain tersebut dari Namecheap, pertama-tama tekan Registrar Lock.

namecheap-manage-domain-general

Melalui default seluruh domain yang dibeli pada Namecheap akan dikunci supaya domain tersebut tak gampang dicuri atau mencegah adanya yang berusaha mengambil alih domain tersebut. Kamu dapat melihat terkunci atau tidaknya di tulisan Current Lock Status : Locked.

namecheap-manage-domain-registrar-lock

Guna memindahkan domain pastinya Registrar Lock mesti dibuka, ubah option dari “Set the registrar lock (Recommended). Unauthorized transfer will be prevented if lock is set.” pada “Release the registrar lock so that the domain can be transferred to some other registrar”. Sesudah dia tekan Save Changes.

Meminta EPP Key

Selanjutnya status dari domain tersebut yakni Current Lock Status : Not Locked, sahabat dapat melanjutkan pada tahap berikutnya pada tekan di Get EPP Code. EPP Code atau EPP Key yakni kode otorisasi (authorization key) perpindahan domain, jadi kalau sahabat tak dapat mendapatkannya proses transfer akan gagal.

namecheap-manage-domain-registrar-unlocked

Kamu akan dialihkan pada page permintaan EPP code Namecheap, isikan nama domain yang mau ditransfer dan isikan password akun Namecheap sahabat disini.

namecheap-get-epp-code-for-your-domain

Dibagian bawahnya sahabat dipersilahkan guna mengisi feedback kenapa sahabat mentransfer keluar domain tersebut dari Namecheap. Ini tak wajib diisi.

namecheap-get-epp-code-for-your-domain-feedback

Tekan Get EPP Code for my domain kalau sahabat telah rampung mengisi informasi yang diminta. Laman informasi bahwa kode otorisasi transfer domain sudah diemail pada domisili email yang terdaftar pada informasi kontak domain sahabat. Inilah kenapa admin menyarankan sahabat sebelumnya guna mengecek apakah email yang tersimpan yakni akurat.

namecheap-epp-code-information-for-the-requested-domains

Kamu akan mendapat email dari support Namecheap yang berisikan EPP Key guna domain yang sahabat mau transfer keluar.

namecheap-email-requested-authorization-key

Akhirnya

Selanjutnya sahabat sudah mempunyai informasi komplit guna memindahkan domain sahabat dari Namecheap pada penyedia layanan domain lainnya. Di pihak yang menjadi tujuan perpindahan domain akan diminta memasukkan EPP Key guna approval transfer domain dari Namecheap dan pastikan kalau mereka dapat melihat informasi kontak di WHOIS domain tersebut, sebab email yang tertera akan dihubungi bagus dari pihak Namecheap pun dari pihak tujuan transfer. Ini bertujuan guna verifikasi identitas peminta, konfirmasi ulang permintaan transfer dan mencegah pihak yang tak bertanggungjawab merugikan sahabat.

Proses transfer biasanya berlangsung beberapa hari setelah seluruh persyaratan terpenuhi. Oh ya domain mesti minimal berumur 60 hari pada registrar (Namecheap kalau disini) sebelum dapat dipindahkan keluar.

sumber : utekno.com