Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7

Posted on
cara-install-xampp

Halo Rekan rekan , kali ini saya akan membagikan kepada kamu bagaimana cara Instalasi Xampp di Windows 7 dengan komplit yang disertai gambar-gambar dari setiap step by step dan saya harap hal ini dapat menolong kamu sekalian.

Oke, sebelum kita masuk cara instalasi Xampp, saya berharap kamu telah paham dulu apa itu Xampp, dan bikin yang belum paham kamu dapat melihat dipostingan saya sebelumnya mengenai Apa Sih Xampp itu ? Apa Fungsinya ? Ini dia Jawabannya.

Apabila kamu telah paham dan tau apa itu Xampp, mari kita lanjut di inti pembahasan kita kali ini.

Cara Instalasi Xampp di OS Windows 7

1. Langkah Pertama-tama
Hal pertama-tama yang perlu kamu lakukan yakni mendowload Xampp di link yang akan saya berikan dibawah ini. Dan untuk kamu yang telah memilikinya, dapat kamu lanjut di langkah yang akan saya terangkan berikutnya.

Download Xampp for Windows 7  -32bit disini

2. Langkah Kedua
Apabila kamu telah berhasil mengunduh Xampp di link saya berikan tadi, karenanya langkah berikutnya yakni double click file exe Xampp tersebut bagi memulai instalasinya.

install+xampp
Berikutnya akan muncul window seperti ini yang meminta kamu bagi memilih bahasa. Di kasus ini pilih saja “English” lalu klik “Ok”.
3. Langkah Ketiga
Di tahap berikutnya biasanya akan muncul pesan seperti ini :
install+xampp_1
Apabila muncul window yang demikian, ini berarti kamu diminta memeriksa dulu pengaturan yang terdapat di UAC (User Account Control). Nah bagi memeriksanya, langkah pertamanya yakni dengan cara klik tombol windows kamu dan arahkan poiter mouse kamu di kolom search lalu ketikkan UAC dan tekan enter. Setelah itu akan muncul window seperti gambar dibawah ini :
UAC
Apabila window seperti gambar diatas muncul, hal yang perlu kamu lakukan yakni dengan menurunkan level dari UAC hingga level terendah (Never Notify) dengan cara men-drag nya. Apabila telah, klik tombol “Ok”
4. Langkah keempat
Apabila langkah ketiga tadi telah kamu lakukann dengan benar, karenanya mari kita lanjutkan proses instalasi dari Xampp hingga ketahap berikutnya dengan Meng-Klik tombol “Next” seperti gambar dibawah ini :
xampp_1
5. Langkah Kelima
Berikutnya akan muncul window seperti ini :
xampp_2

Di bagian ini, yang perlu kamu centang yakni hanya di bagian :

1. Install Apache as service
2. Install MySQL as service

Bagi lebih jelasnya kamu dapat lihat gambar diatas. Mungkin kamu bertanya kenapa cuma dua yang mesti di centang ? hakekatnya sih apabila kamu mencentang ketiganya tak masalah, hanya karena apabila kamu mencentang yang ketiga ada baiknya kamu telah paham dulu apa itu Filezilla. Apabila kamu belum paham, saya sarankan yang perlu kamu centang yakni kedua alternatif yang saya sebutkan tadi.

Apabila telah, karenanya lanjutkan proses instalasi dengan cara mengklik tombol “install”.

6. Langkah Keenam
Berikutnya akan muncul windows proses instalasi dari Xampp tersebut, dan silahkan tunggu beberapa dikala hingga proses instalasi mencapai 100%.

Prosess+install+xampp

Apabila proses instalasi telah selesai, karenanya akan muncul window seperti gambar dibawah ini yang menandakan bahwa proses instalasi Xampp kamu telah selesai.

install+xampp+finiss

yang perlu kamu lakukan yakni hanya meng-klik tombol “Finish”. Apabila telah selesai, jalankan Xampp yang kamu install sebelumnya bagi menampilkan window “Control Panel” dari Xampp tersebut. Berikut gambarnya :

cPanel+xampp

Apabila Window Control Panel dari Xampp kamu telah muncul, karenanya yang perlu kamu lakukan yakni memastikan apakah Apache dan MySQL dari Xampp kamu telah pada keadaan Running. Apabila belum kamu dapat menjalankannya dengan meng-klik tombol start yang terdapat di sebelah kanan dari masing-masing service yang ingin kamu jalankan.

7. Langkah Ketujuh
Oke, mari kita lanjut di tahap berikutnya yaitu mengecek apakah server Xampp kamu telah benar-benar terinstall atau belum. Caranya, Ketikkan http://localhost di address bar browser kamu. Apabila Xampp kamu telah terinstal dengan benar karenanya akan muncul halaman seperti dibawah ini di browser kamu :

xampp

Dan bagi mengecek apakah phpmyadmin nya telah terinstall dengan benar, kamu dapat mengeceknya dengan mengetikkan di address bar kamu  http://localhost/phpmyadmin/ . Apabila memang telah terinstal dengan bagus, karenanya akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini :

phpmyadmin

Oke sobat-sobat sekalian, lumayan demikianlah penjelasan tahap-demitahap mengenai proses instalasi xampp dan saya harap ilmu yang sedikit ini dapat menolong sobat sekalian yang mengalami masalah pada proses instalasi Xampp. Sahabat pun dapa membaca postingan saya mengenai Cara Membuat Database dengan Xampp dan Cara Cepat memulai PHP dengan Xampp.

Oke Lumayan demikianlah dulu Postingan saya bagi kali ini, nantikan postingan saya berikutnya yang pasti lebih menarik dan gampang kamu pahami terutama untuk para pemula. Saya pun tak lupa meminta Like, Share dan Komentarnya mengenai Postingan saya ini. Terimakasih banyak atas partisipasinya sebelumnya sob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *