Cara reset Opera di Windows

Posted on

Sesudah admin membahas petunjuk reset Mozilla Firefox, Internet Explorer dan Google Chrome ada diantara pembaca yang menanyakan bagaimana langkahnya guna mengembalikan kondisi browser Opera layaknya semula. Walau si penanya tak menyertakan program operasi komputer apa yang digunakan tapi admin yakin yaitu Windows. Sedangkan guna Opera sendiri walau telah menjalankan aplikasi Chromium selaku mesinnya ternyata telah banyak dirubah settingnya sehingga metodenya tidaklah sama pada Google Chrome. Pantas saja bingung.

Jadi pada Opera tak ada pengaturan atau tempat tinggal khusus yang mesti diketikkan guna mengikuti reset konfigurasi browser. Agak sedikit manual caranya, silahkan akses dulu programnya dan akses laman About – dapat via Fitur atau mengetikkan tempat tinggal opera://about.

opera-about-paths-640x399

Nanti pada pada laman mengenai Opera sahabat akan melihat bagian Path, perhatikan lokasi yang tercatat pada baris Profile dan Cache. Contohnya pada komputer admin:

  • Profile:?? ?C:UsersChandraAppDataRoamingOpera SoftwareOpera Stable
  • Cache:?? ?C:UsersChandraAppDataLocalOpera SoftwareOpera Stable

Sedangkan kalau sahabat menjalankan aplikasi program operasi lain layaknya Linux atau Macintos sesungguhnya masih serupa tapi cuma beda lokasi penyimpanan data profil dan cachenya saja. Tinggal diadaptasikan saja caranya.

Tutup dulu jendela program Opera kemudian akses kedua lokasi folder diatas dan hapus saja. Nanti dikala sahabat membuka Opera kembali karenanya akan otomatis dibuatkan profil baru pada pengaturan default. Ya, proses reset konfigurasi Opera sudah sukses.

Kami harap memudahkan. ??

sumber : utekno.com