Cara redirect domain lama ke domain baru di cPanel

Posted on

Pindah nama domain sesungguhnya urusan gampang, tinggal backup data websitenya dan transfer pada hosting barunya, kemudian pulihkan database yang diaplikasikan. Rampung. Nanti konten yang masih menggunakan aplikasi domain lama akan telah ganti baju memakai yang baru. Masalahnya indeks Google biasanya lama sekali masih mereferensikan yang lama, dan belum tentu ranking yang baru minimal setara. Solusinya ya kita butuh redirect nama domainnya.

Disini diasumsikan kalau blog baru kamu telah online, nama domain lama telah kosong tapi belum disetting, gunakan protokol HTTP dan semuanya gunakan cPanel. Jadi jawaban yang akan kita manfaatkan yakni lewat kode redirect pada file .htaccess

Sisipkan kode berikut didalamnya:

Dan rampung, dapat seketika dites pada mengakses tempat tinggal situs yang lama. Kode diatas akan mengalihkan pengunjung dari http://nama_domain_lama.com/konten-contoh/ pada http://nama_domain_baru.com/konten-contoh/ dan semuanya berlangsung otomatis. Google pun akan tahu kalau ini telah ganti domain sebab redirectnya diberi kode 301 yang artinya permanen. Tetapi jangan lupa tambahkan blog baru kamu pada Search Console.

sumber : utekno.com