Cara merubah huruf pada partisi hard disk (drive path)

Posted on

“Eh data yang pada D jangan hingga kehapus loh” perkataan ini pasti sering dicuapkan banyak orang ketika akan mengikuti install ulang di komputer. Nah kenapa mesti disebut data pada D? kenapa bukan huruf yang lain?

Jawabannya betul-betul singkat sekali yaitu dikarenakan urtuan abjad alphabet. Program windows biasanya terinstall di partisi (C:), nah otomatis partisi berikutnya seharusnya diikuti pada huruf D:, E: , F: ,dst. Apakah huruf partisi dapat pada rubah? tentu saja betul-betul dapat dan betul-betul gampang sekali.

1 . Tekan kanan di My Computer atau This komputer kemudian tekan Manage.

  1. Pilih Disk Management, kemudian pilih partisi yang akan dirubah hurufnya setelah dia tekan kanan >> Change Driver Letter and Paths.

note: jangan merubah huruf partisi di aplikasi windows (biasanya C:) dan partisi yang telah terinstall program, bila dirubah karenanya akan error.

  1. Pilih Change dan pilih huruf apa yang pada ingingkan, setelah dia tekan OK.

Apakah efek samping setelah merubah huruf partisi? Dalam kurun waktu yang dirubah bukan partisi sisitem windows atau partisi yang terisi program terinstall, karenanya tak akan ada masalah yang terjadi. Akan hanya masalah keindahan (huruf tak urut).

Demikian petunjuk merubah huruf di partisi semoga bermanfaat.

 

sumber : utekno.com