windows-7-registry-editor-net-framework-setup-ndp

Cara mengetahui versi Microsoft .NET Framework yang terinstall di Windows

Posted on

Microsoft .NET Framework yaitu teknologi yang digunakan guna mempermudah pengembangan sistem pada Windows (kalau pada Linux ada implementasi open sourcenya yaitu: Mono) dan telah beberapa kali dirilis pada versi – versi berbeda mengikuti edisi Microsoft Visual Studio.

microsoft-net-framework

Sebab banyaknya versi .NET Framework ini wajar bila pengguna umum kebingungan versi mana saja yang dibutuhkan dan versi .NET Framework berapa saja yang telah terinstall pada Windowsnya. Jangan khawatir kami akan menunjukkan 3 petunjuk mengetahui versi Microsoft .NET Framework yang telah ada pada komputer kamu tanpa memerlukan sistem tambahan, semuanya menggunakan aplikasi tool asli Windows.

Mengetahui versi Microsoft .NET Framework yang terinstall pada Windows Explorer

Semuanya versi Microsoft akan diinstall di folder C:WindowsMicrosoft.NETFramework, guna mengaksesnya pada cepat kamu dapat menggunakan Run dialog Windows dan mengetikkan command berikut kedalamnya %windir%Microsoft.NETFramework dan klik OK. %windir% yaitu variabel lokasi instalasi Windows, jadi untuk kamu yang tak menginstall Windows di drive C akan tetap menuju lokasi yang benar.

windows-7-run-windir-microsoft-net-framework

Folder instalasi Microsoft .NET Framework akan berjalan menggunakan Windows Explorer dan kamu dapat melihat versi – versi yang terinstall.

windows-7-windows-explorer-microsoft-net-framework-640x419

Mengetahui versi Microsoft .NET Framework yang terinstall pada Registry Editor

Kamu pun dapat memanfaatkan Registry Editor guna mengecek versi Microsoft .NET Framework yang sudah terinstall pada Windows kamu. Jalankan kembali Run command, isikan pada regedit dan klik OK.

windows-7-run-regedit

Tampilan registry editor Windows akan muncul dan segera arahkan pada HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftNET Framework SetupNDP.

windows-7-registry-editor-net-framework-setup-ndp

Kamu akan melihat entry guna setiap versi Microsoft .NET Framework yang sudah diinstall pada Windows.

Mengetahui versi Microsoft .NET Framework yang terinstall pada Command Prompt

Petunjuk terakhir yaitu pada menggunakan command prompt Windows, jalankan Run dialog kembali dan ketikkan cmd guna membuka command prompt.

windows-7-run-cmd

Jendela program command prompt akan tampil dan siap approval command kamu, segera ketikkan command berikut wmic /namespace:rootcimv2 path win32_product where "name like '%%.NET%%'" get version dan klik ENTER. Bila kendala mengetiknya silahkan copy saja dan paste kedalam jendela program command prompt.

windows-7-command-prompt-wmic-get-version-640x311

Tunggu beberapa detik dan akan tampil seluruh versi Microsoft .NET Framework yang berada pada Windows.

Selanjutnya kamu tak harus kebingungan lagi mengetahui versi berapa saja dari Microsoft .NET Framework yang terdapat di program operasi Windows yang kamu mulai.

sumber : utekno.com