cpanel-logs

Cara mengetahui data pengunjung website di cPanel

Posted on

Admin baru saja mendapati bahwa ada yang berusaha membobol username dan password pada situs kami, ini ditandakan adanya peringatan dari plugin WordPress yang bertugas menjaga keamanan situs (iThemes Security). Jadi penasaran darimana asalnya orang atau bot yang mengikuti bruteforce password di situs teman kami.

Sebab kami tak mensetting plugin WordPress guna mencatat domisili IP setiap pengunjung yang mengakses laman login karenanya kami search petunjuk alternatif, dan memang pada cPanel kita dapat mengecek setiap pengunjung dan tergantung pengaturan penyedia website hosting biasanya dibatasi sebesar 1000 pengunjung terakhir.

Guna melihatnya silahkan login pada cPanel situs sahabat, dan kemudian di bagian Logs akses Latest Visitors.
cpanel-logs
Di laman Latest Visitors Stats lalu tekan icon kaca pembesar di kolom View.
cpanel-latest-visitors-stats-640x134
Nah… akan muncul tabel yang berisi informasi pengunjung situs sahabat, siap dari domisili IP, url situs yang dibuka, waktu, ukuran laman, asal laman sebelumnya (kalau ada), dan sistem atau browser yang digunakan.
cpanel-latest-visitors-640x409

Disini kami search domisili IP yang mengakses laman login WordPress (wp-login.php), dan apabila bukan dari Indonesia niatnya akan kami blokir guna mencegah hal – hal yang tak diinginkan.

sumber : utekno.com