wordpress-missing-style-css-theme-install-failed-640x205-1

Cara mengatasi gagal install tema WordPress

Posted on

Proses instalasi tema di WordPress ada 2 macam: melalui online seketika dari dasbor atau pada mengupload sendiri filenya (ini dapat mengunggah file ZIP atau lebih manual lagi lewat upload FTP pada cPanel). Kalau kita mempunyai WordPress theme premium yang berbayar karenanya kita mesti menjalankan sistem upload dan kadang ini menimbulkan masalah sehingga menyebabkan gagalnya pemasangan tema tersebut.

Pesan error yang sering muncul yaitu mengenai hilangnya file style.css pada file ZIP yang kamu upload, misalnya:

wordpress-missing-style-css-theme-install-failed-640x205

  • Pesan kesalahan pada bahasa Inggris
    Installing Theme from uploaded file: utekno.zip
    Unpacking the package?
    Installing the theme?
    The package could not be installed. The theme is missing the style.css stylesheet.
    Theme install failed.
  • Pesan kesalahan pada bahasa Indonesia
    Memasang Tema dari berkas yang diunggah: utekno.zip
    Membongkar paket?
    Memasang tema?
    Paket tersebut tak dapat dijalankan. Berkas penggayaan style.css tak ditemukan pada tema ini.
    Pemasangan tema gagal.

Nah… kamu jangan bingung kalau dikala kamu mengupload filenya dan muncul error tersebut, penyebabnya sangat umum yaitu kamu salah mengupload filenya. Kok dapat salah? Kan ini file asli dari penyedia tema WordPressnya? Kadang ada beberapa penjual tema yang menjadikan satu file – file pelengkapnya menjadi satu arsip, ini dapat file PSD guna gambar – gambarnya, dokumentasi, demo content, dan plugin tambahan. Contohnya yaitu tema Biznex dari TeslaThemes, kalau kamu seketika upload file biznex.zip dijamin gagal layaknya diatas.

file-folder-arsip-tema-wordpress-640x381

Solusinya yaitu kamu mesti mengekstrak file ZIPnya dan didalamnya akan ada beberapa file atau folder layaknya pada gambar. Sebab beberapa penyedia tema belum tentu sama kamu dapat memastikan file mana yang mesti diupload pada membuka arsipnya dan mengecek apakah seketika muncul struktur folder dan file layaknya index.php, single.php, footer.php, page.php, comments.php, style.css layaknya gambar dibawah.

file-folder-struktur-tema-wordpress-640x381

Jadi pastikan yang kamu upload yaitu file ZIP yang didalamnya ada folder pada nama tema yang berisi file dan folder diatas. Ini yang benar. Niscaya proses instalasi akan berlangsung pada sempurna setelahnya.

Kami harap bermanfaat. ??

sumber : utekno.com