windows-7-context-menu-properties

Cara mengatasi “The application was unable to start correctly (0xc0000142).” di Windows

Posted on

Sering sekali kita melihat error pada Windows pada kode misterius yang sayangnya tak menjelaskan apa – apa, salah satunya yakni pesan kesalahan pada kode (0xc0000142) ini. Error ini merancang kita sulit menjalankan beberapa sistem sebab pasti seketika ditutup setelah jendela pesan errornya muncul. Waduh.. bikin galau saja jadinya. Bagaimana tutorial mengatasi error (0xc0000142) ini?

Pesan kesalahan ini melalui komplit yakni:

The application was unable to start correctly (0xc0000142). Click OK to close the application.

Wah.. mau membuka program kok malah disuruh menutup, kapan dapat memakainya nih. Sesudah kami search tahu apa penyebab error ini, ternyata ada beberapa kemungkinan pelakunya:

  • Program yang dijalankan tak kompatibel pada versi Windows terbaru, jadi ini lazim terjadi di program lama dan diperuntukkan guna edisi Windows sebelumnya.
  • Sistem aplikasi ini tak mempunyai hak akses yang dibutuhkan guna menjalankan fungsi – tugasnya.
  • Melalui teknis error (0xc0000142) ini berarti STATUS_DLL_INIT_FAILED. Yang artinya yakni program tersebut tak mampu memanggil atau menginisialisasi file dll yang dibutuhkan. Bila versi DLL yang sama tapi berbeda versi dan terjadi ketidakcocokan pun akan mengeluarkan pesan kesalahan ini. Bila file dll yang diperlukan dapat dimuat tapi tak dapat diinisialisasi karenanya error ini pun muncul.

Selanjutnya sahabat telah paham apa asal masalah yang terjadi pada Windows ini, apa saja petunjuk yang dapat dilakukan guna memperbaiki error (0xc0000142)? Silahkan coba beberapa tutorial berikut ini, tak ada jaminan satu tutorial pasti sukses tapi dapat sahabat coba semuanya.

Jalankan program bermasalah pada Compatibility Mode

Berhubungan pada penyebab pertama-tama error (0xc0000142) yakni pemakaian program jadul (jaman dulu) pada Windows yang lebih modern. Solusinya ya jalankan saja program tersebut menggunakan aplikasi fitur kompatibilitas Windows lama. Tutorial mengaktifkannya lumayan tekan kanan di program dan pilih Properties.

windows-7-context-menu-properties

Pindahkan tab di Compatibility, perhatikan di Compatibility Mode kemudian beri centang di “Run this program in compatibility mode for:” dan pilih jenis program operasi Windows yang akan diemulasikan guna menjalankan program tersebut.

windows-7-application-properties-compatibility-339x480

Jalankan program menggunakan aplikasi hak Administrator

Tutorial alternatif lainnya yakni pada menjalankan program tersebut menggunakan aplikasi hak Adminisstrator Windows. Kembali tekan kanan di icon program dan pilih “Run as administrator”.

windows-7-context-menu-run-as-administrator

Modifikasi pengaturan Registry Windows

Kesalahan (0xc0000142) pun dapat disebabkan pengaturan registry Windows yang salah guna program penamaan file pada NTFS. Jalankan Registry Editor terlebih dahulu. Navigasikan pada HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControlFileSystemNtfsDisable8dot3NameCreation dan ubah nilainya menjadi 2.

windows-7-regedit-NtfsDisable8dot3NameCreation-640x363

Install ulang sistem yang rusak

sahabat pun dapat mencoba menginstall ulang sistem yang mengalami error (0xc0000142), sebab memang error ini dapat disebabkan dependensi file dllnya ada kerusakan. Biasanya pada menginstall yang baru akan memperbaiki masalah ini. Pastikan sebelumnya proses penghapusan program benar – benar bersih, sahabat dapat menggunakan aplikasi Revo Uninstaller guna memudahkan sahabat.

Install ulang Microsoft Visual C++ Redistributable

Tutorial ini dapat sukses atau tak tergantung programnya apakah memang membutuhkan Microsoft Visual C++ Runtime Library dan versi berapakah yang digunakan. Admin sarankan install saja semuanya.

Memang kami tak dapat menjamin semuanya tutorial ini sukses, tapi pada beberapa memperbaikinya diantara tutorial diatas dapat menjadi solusinya.

sumber : utekno.com