windows-7-on-screen-keyboard-640x256-1

Cara mengambil screenshot di Windows

Posted on

Seringkali admin mengunduh report dari user bahwa ada masalah pada komputer atau di aplikasi pada Windows. Kalau dari keterangan saja kadang admin kendala membayangkan apa sesungguhnya yang terjadi, sebab imajinasi admin terbatas dan tak akan menghapal semuanya pesan error sebab seperti itulah admin menginstruksikan selalu menyertakan sebuah screenshot dari error yang muncul pada notebook. Dan ini biasanya dilanjutkan pada pertanyaan… “Bagaimana tutorial merancang screenshot?”.

Oke, memang merancang screenshot pada Windows jarang digunakan kecuali kita sedang merancang dokumentasi atau petunjuk perbaikan, sehingga pengguna lazim tak tahu bagaimana caranya. Pada Windows 7 setidaknya ada snipping tool, dan pada Windows 8 lokasinya agak tersembunyi tapi masih dapat diakses via run command dan mengetikkan snipping disusul ENTER.

akan tetapi tool diatas kadang malah terlalu repot mengajarkannya, dan untuk kamu yang search tutorial sangat gampang dan cepat pada merancang screenshot lumayan pada menekan tombol Print Screen yang terletak pada bagian kanan atas keyboard.
windows-7-on-screen-keyboard-640x256

Telah ditekan tapi terasa terjadi apa – apa? Sesungguhnya tampilan yang terdapat pada dektop kamu telah disimpan oleh Windows tapi masih berada didalam clipboard. Selanjutnya kamu harus memindahkannya kedalam sebuah file gambar, jadi segera akses Microsoft Paint dan tekan Paste atau menjalankan aplikasi kombinasi tombol CTRL+V. Nah tutorial ini dijamin dapat digunakan sejak Windows jaman jadul hingga yang terbaru.

microsoft-paint-paste

Sesudah dia silahkan save gambar yang berada pada kanvas Paint menjadi format yang kamu inginkan. JPG atau PNG ialah format gambar saran admin supaya ukurannya kecil tapi kualitasnya masih setara pada aslinya.

sumber : utekno.com