Cara Membuat Guest Book sederhana dengan Flex PHP

Posted on

Para rekan rekan setia pastinya rekan rekan telah mengetahui apa itu Guest Book bukan ?. Biasanya Guest book di halaman web bermanfaat bagi menyimpan komentar dari para pengunjung web. Pada bahasa gaulnya sih disebut buku tamu, Pada Guest Book pengunjung dapat menuliskan nama kemudian komentarnya berikutnya program guest book ini akan menyimpan data tersebut ke server dan menampilkannya di halaman web. Jadi secara garis besar guest book ini mempunyai 2 guna utama :

Dengan project perancangan guest book ini saya harapkan kita seluruh dapat paham bagaimana menghubungkan antara MYSQL, PHP dan Flex.

  • MySQL berfungsi bagi penyimpanan database, pastinya rekan rekan dapat menggunakan teknologi yang lain seperti Sql server,Oracle, dlsb. Pada contoh ini kita coba gunakan MySQL
  • PHP berfungsi selaku back end dan bertanggung jawab bagi :
    • Menjalankan koneksi ke database
    • Mengirimkan instruksi sql statement ke database (insert dan select) bagi menambah mengambil data
    • Memformat hasil query (data) ke format XML yang nantinya akan dibaca oleh flex. Selaku informasi pada contoh ini masih menggunakan XML , sesungguhnya ada cara yang lebih cepat yaitu dengan remoting server menggunakan AMFPHP, cuma ketika ini masih saya pelajari, mungkin di lain kesempatan akan saya bahas lagi dengan menggunakan AMFPHP.
  • Flex berfungsi selaku front end program pada hal ini yang tampak oleh user di browser nya.

Secara garis besar perancangan program guest book dibagi atas 4 tahap yaitu :

  1. Persiapan yang meliputi :
  • Instalasi flex builder 3, dapat unduh versi trialnya di http://www.adobe.com, kemudian bagi lisensi versi educational (free) dapat mengunjungi http://www.flex-registration.com, lisensi ini diberikan bagi instansi pendidikan. Kita lumayan memasukkan data pribadi kemudian image hasil scan kartu indentitas yang menerangkan bahwa kita bekerja di instansi pendidikan (dapat kartu NIM, kartu staff atau surat dari sekolah), seminggu kemudian kode lisensi akan dikirim lewat email.
  • Instalasi XAMPP , dapat didownload di http://www.xampp.com

2. Penyusunan Database
3. Penyusunan script PHP
4. Penyusunan interface dengan Flex

Penyusunan Database

Kita masuk ke tahap kedua yaitu perancangan database. Database yang akan kita bikin hanya terdiri dari satu table saja yaitu kita namakan saja komentar yang terdiri dari 4 field yaitu id, nama,tgl dan komentar. Bagi menjalankan hal ini :

  • Buka web browser, lalu ketikkan domisili http://localhost atau http://127.0.0.1
  • Masuk ke fitur PhpMyadmin
  • Bikin database baru dengan nama maslo (namanya terserah rekan rekan)
  • Kemudian bikin tabel baru dengan nama kometar dengan struktur selaku berikut :
    • ID : int , auto increment, primary key
    • Nama : varchar (255)
    • Komen : longtext
    • Tgl : varchar(99)

Kalau ingin merancang dengan sql statement, berikut statement nya :

CREATE TABLE komentar (
ID INT NOT NULL AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY ,
nama VARCHAR( 255 ) NOT NULL ,
komen LONGTEXT NOT NULL , tgl VARCHAR( 99 ) NOT NULL
) ENGINE = MYISAM ;

  • Bagi kebutuhan pengetesan, isi tabel komentar dengan beberapa record
  • Berikut contoh statement bagi insert record. Kita dapat melakukannya dari fitur insert di PhpMyadmin.

INSERT INTO komentar (ID, nama,komen,tgl)
VALUES (
NULL , ‘Ivan’, ‘Hai Rekan-rekan ‘,’15 November 2012’
) , (
NULL , ‘Nita’, ‘Belajar php yakni kunci bagi merancang blog dinamis’, ’15 November 2012’
);

Penyusunan Script PHP

Tahap berikutnya yakni merancang script php bagi koneksi dan manipulasi database. Ada 3 script php yang akan kita bikin yaitu :

  • Koneksi.php fungsinya yakni bagi koneksi dengan database. Scriptnya amat sederhana yaitu sbb :

  • Select_komentar.php fungsinya bagi mengambil isi dari tabel komentar dan memformatnya pada format XML. Scriptnya selaku berikut :

    rn”;

    echo “t rn”;
    echo”tteofrn”;
    echo”tteofrn”;
    echo”tteofrn”;
    echo”tteofrn”;
    echo “t rn”;

    while ($dataku=mysql_fetch_array($result))
    {
    echo “t rn”;
    echo”tt”.$dataku[id].”rn”;
    echo”tt”.$dataku[nama].”rn”;
    echo”ttrn”;
    echo”ttrn”;
    echo “t rn”;
    }

    echo “t rn”;
    echo”tteofrn”;
    echo”tteofrn”;
    echo”tteofrn”;
    echo”tteofrn”;
    echo”tteofrn”;
    echo “t rn”;

    echo “rn”;
    ?>

  • Penjelasan script diatas :

    include ‘koneksi.php’;
    petunjuk ini berfungsi bagi memanggil script koneksi.php bagi menjalankan koneksi ke database, pada hal ini saya berasumsi bahwa rekan rekan sekalian telah paham cara membut Koneksi PHP dengan MYSQL.

    $result = mysql_query(stripslashes(“select id,nama,komen,tgl from komentar order by id desc “));
    petunjuk ini mengirimkan sql statement yaitu petunjuk bagi mengambil isi tabel. Saya tak akan membahas lebih mendalam mengenai sql statemen karena fokus kita bukan kesitu. Namun untuk rekan rekan yang ingin mempelajari sql statemen dapat cari tutorialnya di internet.

    echo “rn”;
    petunjuk ini berfungsi bagi mencetak kalimat selaku header dari struktur XML kita. Tentu saja kata “recordset” dapat diganti dengan kata yang lain terserah rekan rekan.

    echo “t rn”;
    echo”tteofrn”;
    echo”tteofrn”;
    echo”tteofrn”;
    echo”tteofrn”;
    echo “t rn”;

    baris ini berfungsi bagi mencetak data kosong atau dummy data ( lho koq… mungkin membingungkan). Menurut pengalaman saya, apabila ternyata tabel yang kita select tak ada isinya (kosong) karenanya xml yang kita hasilkan pun akan kosong, nah hal ini merancang program flex kita akan error, nah bagi men siasati nya kita taruh data kosong di permulaan struktur xml kita (bingung kan …???). Ini hanya akal akalan saya saja, mungkin ada cara lain yang lebih cerdik dari ini. Kalau rekan rekan ada yang punya cara lain , saya akan amat senang apabila diberitahu.

    while ($dataku=mysql_fetch_array($result))
    { echo “t rn”;
    echo”tt”.$dataku[id].”rn”;
    echo”tt”.$dataku[nama].”rn”;
    echo”ttrn”;
    echo”ttrn”;
    echo “t rn”; }

    baris ini berfungsi bagi menjalankan perulangan record by record dan menuliskan ke pada struktur XML. Bagi mengambil isi record menggunakan petunjuk .$dataku[id]. [id] yakni nama field. Yang aneh disini yakni statement “

    1
    shelo

    eof
    eof
    eof
    eof
    eof

  • Nah apabila telah tampil seperti diatas , selamat bagi kamu karena telah satu langkah lebih dekat pada mengenal flex yaitu berkenalan dengan XML.
  • Script yang ketiga yakni insert_komentar.php isinya selaku berikut :

    include ‘koneksi.php’;
    $result = mysql_query(stripslashes(“insert into komentar(nama,tgl,komen) values(‘”.$_POST [“nama”].”‘,'”.$_POST[“tgl”].”‘,'”.$_POST[“komen”].”‘)”));

    ?>

    penjelasannya :

    include ‘koneksi.php’
    petunjuk ini berfungsi bagi memanggil script koneksi.php bagi menjalankan koneksi ke database
    $result = mysql_query(stripslashes(“insert into komentar(nama,tgl,komen) values(‘”.$_POST [“nama”].”‘,'”.$_POST[“tgl”].”‘,'”.$_POST[“komen”].”‘)”));

    petunjuk ini bagi mengirimkan sql statement insert atau menambahkan record baru ke pada table. Yang perlu diperhatikan disini petunjuk $_POST [“nama”] . petunjuk tersebut bagi mengambil parameter yang dikirim oleh program (pada hal ini flex) yang perlu diingat yakni nama parameter nya mesti sama persis (case sensitif) antara yang terdapat di script php dengan yang terdapat di flex (nanti kita akan bahas).

Tahapan terakhir pada perancangan guest book yakni mendesain front end dengan Flex. Ada 2 file mxml yang mesti kita bikin :

  • Simple_gbook.mxml : ini yakni file utama program kita
  • Comment_renderer.mxml : ini yakni component yang digunakan selaku renderer di control tile list yang berfungsi bagi menampilkan data.

Sebelum kita membedah isi dari mxml kita, saya ingin menerangkan cara men-setup project di flex builder 3, mungkin rekan rekan telah mengetahuinya, tp tak ada salahnya saya uraikan kembali kan ??. langkahnya selaku berikut :

  • Pilih File | new | Flex project
  • Isi project name , misalnya simple_gbook.
  • Secara default flex builder akan menyimpan project yang kita bikin di folder my documentsFex builder 3. namun apabila kita mau menyimpan di tempat lain , un check option use default location, kemudian browse folder yang kita kehendaki.
  • Klik next
  • Berikutnya kita diminta men set output folder. Secara default output folder akan dikerjakan di pada folder project kita. Karena project ini menggunakan php karenanya output folder mesti di set ke pada folder program files/xampp/htdocs.
  • Klik browse, pilih folder c:program filedxampphtdocs. Buatlah folder baru dengan cara klik tombol make new folder. Namakan folder baru tersebut misalnya gbook.
  • Bagi menjalankan project kita setelah dibuild, mesti dari browser, kemudian ketik domisili web server kita yaitu http://127.0.0.1/gbook/simple_gbook.html, jangan jalankan program dari fitur run project karena saya jamin pasti akan error.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *