google-drive-sharing-settings-advanced

Cara mematikan download pada file yang dibagikan lewat Google Drive

Posted on

Populernya gadget pada aplikasi operasi Android ikut pun meningkatkan pengguna layanan dari Google sebab wajib mempunyai akunnya. Diantara layanan yang admin perhatikan siap banyak digunakan guna berbagi file yakni Google Drive dan ini malah telah mengalahkan DropBox. Layaknya kita tahu bahwa pada mengikuti share file pada Google Drive karenanya yang diberikan linknya dapat mendownloadnya, dan ini hakekatnya dapat kita atur.

Nah… kasus teman admin yakni mau memberikan dokumen excel kantor terbaru tapi tak mau agar dapat diunduh, berarti ya cuma dapat dilihat (read-only). Kalau sahabat mengalami kasus serupa dan mau membatasi akses atau apa yang dapat dilakukan oleh orang lain kepada file yang dibagikan karenanya silahkan ikuti panduan berikut.

google-drive-sharing-settings-advanced

Layaknya lazim silahkan tekan icon Share dan akan muncul dialog “Sharing settings” guna mengisikan domisili email orang yang mau diberikan akses pada file tersebut. Yang berbeda yakni tekan link Advanced pada bagian bawah kanan, dan yang sahabat harus kerjakan hanya memberikan centang pada opsi “Disable options to unduh, print, and copy for commenters and viewers” dan kemudian tekan Save changes. Ini akan mematikan kemampuan orang mengakses file pada Google Drive guna mengunduh, mencetak dan mengikuti copy kontennya.

Selanjutnya isi dari file sahabat aman tak dapat diambil mentahnya. Kami harap bermanfaat. ??

sumber : utekno.com