Cara mematikan download data suara di Android

Posted on

Pernah pada handphone atau tablet Android sahabat tiba – tiba muncul notifikasi sedang mendownload (downloading) pada keterangan “Voice data for text-to-speech” atau “Data suara guna text-to-speech”? Kami yakin sahabat bingung sebab akan tak mengenali software apa ini dan fungsinya. Yang merancang jengkel walaupun telah dibatalkan prosesnya pada beberapa waktu kemudian akan diulangi lagi melalui otomatis.

Akan kami jelaskan dulu manfaat software Text-to-speech yang memicu proses unduh suara tadi. program default ini (biasanya Google TTS) bermanfaat guna melihat tulisan yang sedang ditampilkan pada handphone sahabat, dan termasuk kategori aksesibilitas guna memudahkan penggunanya. Sebab demikianlah namanya yakni teks-menjadi-ucapan. Paham kan? ??

android-downloading-voice-data-for-text-to-speech-640x384

Dan yang didownload yakni kumpulan file suara pada bahasa yang digunakan pada Android sahabat selaku defaultnya, ini dapat bahasa Inggris atau Indonesia atau lainnya. Yang kecil berukuran 7-9MB dan yang kualitas tinggi dapat 250MB, dapat menguras kapasitas internal storage sahabat pun jadinya.

Nah… bagaimana petunjuk mematikan unduh data suara dari Google Text-to-speech ini? Dari ujicoba kami di handphone Lenovo A369i pada Android 4.2.2 Jelly Bean dan Andromax C3 pada Android 4.4.2 Kitkat ternyata lokasinya dapat berbeda.

  1. Settings (Pengaturan).
  2. Language & Input (Bahasa & masukan) atau Accessibility (Aksesibilitas). Lokasinya diantara kedua tempat tersebut.
  3. Bagian Speech (Ucapan) akan ada opsi Text-to-speech output (Keluaran Text-to-speech).
    android-google-text-to-speech-output-640x384
  4. Tap di icon setelan pada Google Text-to-speech.
  5. Tap lagi pada Google Text-to-speech Engine (Mesin Google Text-to-speech).
  6. Hilangkan centang di Auto-update voices (Perbarui suara otomatis).
    android-google-text-to-speech-options-640x384
  7. Rampung, dan proses unduhan voice data tak akan muncul kembali. Namun sahabat masih dapat mendownloadnya melalui manual kalau membutuhkan fiturnya, dan dapat digunakan melalui normal.

Kalau sahabat merasa tak membutuhkan fitur bantuan ini karenanya dapat sahabat matikan permanen, tapi tak dapat diuninstall kecuali handphone sahabat diroot.

Kami harap bermanfaat. ??

sumber : utekno.com