cpanel-security

Cara memasang sertifikat SSL di cPanel

Posted on

Sobat telah mengunduh sertifikat SSL, ini dapat melalui gratis ataupun berbayar. Tetapi bagaimana caranya mengaktifkan HTTPS guna situs kamu? mayoritas situs pada Indonesia akan menggunakan aplikasi shared hosting dan pengaturannya lewat cPanel, dan kali ini akan kami pandu kamu bagaimana petunjuk memasang sertifikat SSL yang kamu miliki.

Disini kami mengasumsikan:

  1. Memakai cPanel.
  2. Sobat telah membangun CSR (Certificate Signing Request) dan Private Key. Kalau kamu membuat CSR di cPanel karenanya akan otomatis dibuatkan Private Keynya, jadi tak harus satu per satu.
  3. Sertifikat SSL telah kamu dapatkan. Bila mau yang cuma-cuma dapat mencoba StartSSL, atau kalau tak mau repot aktifkan saja SSL CloudFlare (dan kamu tak harus mengikuti panduan berikut).

Nah… silahkan akses cPanel dari situs kamu, dan di bagian Security akses SSL/TLS Manager.

cpanel-security

Berikutnya akses Install and Manage SSL for your site (HTTPS),

cpanel-ssl-tls-manager-640x294

lalu pilih nama domain yang akan kamu pasangkan pada HTTPS. Sobat dapat menggunakan aplikasi Fetch guna otomatis mengunduh sertifikat SSL (file .crt) dan Private Key (file .key) dari domain yang terdapat pada cPanel, bila tak isikan saja melalui manual.

cpanel-install-an-ssl-website

Kalau valid akan muncul informasi mengenai nama domainnya, siapa yang mengeluarkannya, kekuatan enkripsi dan lama berlakunya. Terakhir yakni CA Bundle, yang dimaksudkan yakni Intermediate Certificate dari penyedia sertifikat SSL yang kamu mulai (Milik uTekno berasal dari AlphaSSL). Ini opsional, tapi kami sarankan kamu pun ikut mengisikannya. Kalau kamu bingung darimana mendapatkannya silahkan tuliskan kamu membeli darimana atau jenisnya, akan kami bantu mencarikannya.

Bila telah semuanya karenanya tekan saja Install dan situs kamu telah bisa berkomunikasi lewat HTTPS. Ada kemungkinan server Apache guna cPanel harus direstart bila situs kamu masih belum dapat diakses lewat HTTPS, jadi minta bantuan tim support website hosting kamu kalau ini.

Melalui keseluruhan sesungguhnya proses menginstall dan mengaktifkan SSL guna situs kamu dapat disebut gampang, yang repot rasanya ada di tahap pembuatannya.

sumber : utekno.com