cpanel-files-640x310-1

Cara ekstrak file ZIP di cPanel

Posted on

Menginstall WordPress melalui manual (tanpa Softaculous) di website hosting biasanya diawali pada mengunduh file ZIP instalasinya dari situs resminya, baru kemudian kita bikin database MySQL pada cPanel, dan akhirnya kita upload file – filenya lewat FTP. Baru kita dapat memulai proses instalasinya.

Banyak yang mengikuti pada komputer akan diekstrak dulu baru hasilnya semuanya diunggah pada public_html. Tak ada yang salah, tapi sebab uploadnya satu – satu ini dapat lama sekali prosesnya walaupun ukurannya kecil – kecil. Nah… tahukah kamu kalau pada cPanel sesungguhnya kita dapat mengekstrak file ZIP?

cpanel-files-640x310

Bagaimana caranya? Silahkan akses File Manager di cPanel, navigasikan pada file ZIPnya, tekan guna memilihnya, dan akhirnya tekan kanan pilih Extract atau dapat pun lewat fitur pada toolbar. lalu tentukan lokasi penyimpanan hasil ekstrakannya. Tunggu beberapa dikala dan rampung telah.

cpanel-file-manager-extract-zip-640x349

Jadi sesungguhnya kita tinggal upload satu file saja dan kalau telah rampung kita akan men-uncompressnya di direktori yang sudah ditentukan. Ini akan menyingkat waktu uploadnya pada amat signifikan. Merujuk pada pengalaman dari hitungan jam jadi menit saja.

Oh ya, walau yang admin bicarakan yaitu file ZIP tapi aslinya pun mendukung TAR.GZ dan TAR.BZ2, jadi tak butuh repot – repot mengkonversinya dulu.

sumber : utekno.com