cmd-bitsadmin-download-file-640x323-1

Cara download file menggunakan command prompt

Posted on

Kasusnya kali ini kami mau mengunduh sebuah file seketika dari command prompt Windows. Jadi tak butuh browser layaknya Internet Explorer atau Google Chrome guna memulai prosesnya. Ternyata tak semudah pada Linux pada curl atau wgetnya, dan kami butuh jawaban yang sudah ada melalui default pada Windows. Dapat dinamakan di diantara komputer browsernya tak berfungsi tanpa penyebab yang jelas.

Disini kami menjalankan Windows 7 dan akan memanfaatkan bitsadmin yang adalah sebuah petunjuk cmd dari BITS (Background Inteligent Transfer Service) yang fungsinya memang guna unduh dan upload tapi bukan sebanding pada wget.

Format perintahnya layaknya ini, kami contohkan pada mengunduh ISO Ubuntu 16.04:

Gantikan pada tempat tinggal link file yang mau didownload dan akan disimpan pada nama file apa nantinya.

cmd-bitsadmin-download-file-640x323

Sobat dapat melihat bagaimana tampilan proses downloadnya di screenshot diatas, lumayan informatif. Yang sangat urgen kita tahu berapa ukuran filenya (satuannya yaitu byte sebab dia angkanya lumayan besar), telah berapa besar yang diunduh, kecepatan downloadnya, dan estimasi berapa lama prosesnya rampung.

Oh ya, fitur BITS ini sebetulnya telah tak didukung lagi dan rencananya dihilangkan. Namun setidaknya kami tahu ini pada Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8,1, dan Windows 10 masih ada. Misal kamu mengalami masalah akan alternatifnya dapat gunakan PowerShell.

Kami harap bermanfaat. ??

sumber : utekno.com