usps-tracking

Cara cek nomor resi USPS

Posted on

USPS (United States Postal Service) yaitu perusahaan jasa pos dan ekspedisi pada Amerika Serikat, sepadan pada Pos Indonesia pada negara kita. Apabila sahabat membeli barang dari Amerika biasanya yang sangat murah tarifnya yaitu pengiriman paket menjalankan aplikasi jasa USPS dan terkadang malah tidak dipungut bayaran. Tentu setelah membayar harga barang dan ongkos kirimnya kita sahabat mendowload sebuah nomor resi yang dapat dimanfaatkan guna melacaknya.

Berbeda pada pengiriman paket domestik yang setidaknya kita dapat komplain seketika pada jasa ekspedisinya, kalau pengiriman paket internasional selain dapat memakan waktu yang lumayan lama pun hambatannya pada negara transit dan bea cukai lumayan sering terjadi. Sebab begitulah fitur cek dan pelacakan keadaan paket pada menjalankan aplikasi kode (nomor resi istilah umumnya pada Indonesia) yang diberikan USPS guna setiap pengiriman adalah hal yang amat urgen.

Sobat dapat mengecek nomor resi yang diberikan di laman USPS Tracking, akan ada kotak pada judul “Tracking (or receipt) number”, isikan pada nomornya dan tekan tombol Find.
usps-tracking
Sesudah dia sahabat akan dialihkan pada laman Product & Tracking Information. Disini sahabat dapat melihat jenis layanan USPS yang dimanfaatkan guna mengirimkan paket, dimana lokasinya sekarang ini, apa saja yang terjadi di paket sahabat, kapan terjadinya, kode pun status dari paket sahabat.

usps-product-tracking-information-640x360
Di setiap status terbaru akan ada keterangan guna menjelaskannya, dan ini yaitu contoh isinya:

Your item arrived at our USPS facility in JAMAICA, NY 11430 on August 16, 2014 at 1:30 pm. The item is currently in transit to the destination. Information, if available, is updated periodically throughout the day. Please check again later.

Jadi kita tak harus bingung mengetahui arti kode atau status yang dimanfaatkan. Dan ternyata paket kami sedang transit (IN-TRANSIT) statusnya dan terakhir per tanggal 16 Agustus berada pada JAMAICA, NY 11430. Wah… telah satu bulan belum ada updatenya. Kami harap tak terjadi apa – apa.

Semestinya setelah hingga pada Indonesia kita dapat melacaknya lewat aplikasi tracking milik Pos Indonesia.


Update 18 maret 2016 2 Februari 2017

Jadi ada beberapa pengunjung yang melaporkan kiriman USPS mereka lama sekali, memang benar kadang dapat terjadi layaknya dia. Kenala kami 3 bulan baru hingga pada rumah, hingga telah pasrah hilang barangnya. Dari report diantara pengunjung disini malah ada yang dapat 7 bulan.

Dari pendataan kami ini disebabkan jenis kiriman yang digunakan yaitu yang sangat murah dan nomor resinya diawali huruf L. Ini kalau telah keluar dari Amerika Serikat tak dapat dilacak lagi.

Tetapi masih ada harapan bahwa paketnya sudah ada pada Indonesia pada waktu 1 bulan, cuma belum diproses saja. Kali ini terimakasih atas sharenya mbak Rea guna kasus yang sama dan ada jawaban yang dapat dicoba:

hai mas Chandra, kami pernah tanya soal perbedaan guna kode pengiriman LC, LK dan LJ..
Kami mau berbagi informasi aja ini guna semuanya pengiriman kode tersebut..

Tanggal 10 Desember paket kami dikirimkan dari Montgomery US pada kode LC
Dan Status terakhir kami pertanggal 13 Desember yaitu Transit pada Miami..
dan hingga setelah dia tak bisa status terbaru.

Memang agak susah guna dapat track ketiga kode tersebut, yang dapat kami sarankan guna kasus layaknya ini yaitu min 3 minggu dr barang dikirim coba kalian dapat datangi kantor pos indonesia pusat bila pada jakarta kalian dapat pada lapangan banteng pada mengarahkan image copy KTP penerima kiriman/Paket. Kalian dapat tanya pada loket serah kiriman pada menujukan identitas tersebut, apakah guna kiriman paket pada nama penerima tersebut telah datang. Sebab Kode tersebut bukanlah kode pengiriman yang valid guna pada Indo hanya valid pada negara asal. dan pada Indo kode tersebut dinamakan CN22 ( Kembangkan Declaration ) jdi bukan kode pengiriman.

Sebab kami coba mengikuti petunjuk tersebut, dan ternyata lumayan memudahkan, bahwa barang kami telah hingga per tanggal 31 desember.. Kami tinggal membayar kewajiban biaya impor kami, sebab nilai barang kami dia atas $50. Sesudah dia barang telah dapat kami bawa pulang. Sebelumnya kami cek kembali guna kondisi barang kami.

Alhamdulillah pada semacam itu paket bsa kami terima tak hingga 1 bulan. Sebab memang sesungguhnya, walaupun kita tak dapat track paket tersebut ternyata paket kita sdh hingga pada Indo pada waktu 2 minggu.. Kalau dapat kami sikapi kenapa dapat lama, mnrt kami daya kerja pada Pos Indonesianya yang tidak cukup bagus dan tidak cukup kompeten..

Kami harap Trick kami dapat bermanfaat bikin kalian semuanya ya..

Thank You

Dari sini: http://utekno.com/cara-cek-nomor-resi-usps-8203/comment-page-1#comment-24437

Tambahan share pengalaman dari mas Aris. Thankyou mas bikin tambahan informasinya.

Dear mas chandra,
Mau sedikit sharing pngalaman kemarin setelah mengikuti saran dan pengalaman mba rea jg.. dan akan bikin temen2 yg lain (domisili jakarta terutama) guna yg pake usps first class memang tdk dapat pada tracking stlah kluar usa. Jd stelah sangat gak sbulan blm terima, mnding kita seketika datengin kantor pos pusat (lapangan banteng) dtg aja pada gedung F (pos international) nnti disitu ada loket pengambilan barang. Minta tlg aja sm mbak/mas disitu guna liatin posisi barangnya, kasi aja nmr resi-nya, dia jg sdh paham mana yg dapat pada tracking dan yg gak dapat. Jd krn tdk dapat ditracking online, kndalanya adl kita mesti search datanya manual pada tumpukan kertas manifest yg ada dimeja. Biar lbh cpt kita bantu search sendiri saja, krn pasiennya jg bkn cm kita. Stelah ketemu nnti tinggal di catat nmr bungkusan-nya. Krn bgitu smpe indonesia kan dibungkus ulang. Dr nmr bungkusan ini kita naik pada lt.3 pada bea cukai, guna minta invoice pajaknya. Stlh dpt prhitungannya, turun lagi pada gedung F guna bayar pajaknya, loketnya pada sebelah pengambilan barang. Stlah slesai bayar, buktinya tinggal kita kasi pada loket pengambilan barang, terima, rampung dan pulang. Saran kami mnding dateng pagi, krn operasional loket pembayaran dan pengambilan barang akses dr jam 08.00 ? 14.00 saja.
Kami harap memudahkan.

Dari sini: https://utekno.com/cara-cek-nomor-resi-usps-8203/comment-page-3#comment-68940

sumber : utekno.com