wmic-diskdrive-get-status-640x323-1

Cara cek kondisi Harddisk melalui command prompt

Posted on

Harddisk menurut admin adalah komponen terpenting pada komputer, ini dikarenakan data – data profesi, game, hiburan akan terkumpul pada media penyimpanan ini. Jelas betul-betul urgen dan jangan hingga ada kerusakan bukan?

Nah… hakekatnya Windows telah menyediakan petunjuk guna mengecek kerusakan di HDD dapat lewat Check Disk. Tetapi kalau sahabat mau menjalankan command prompt pun dapat, dan akan memanfaatkan WMIC (Windows Management Instrumentation Command) yang akan mengunduh informasinya dari SMART (Self-Monitoring, Analysis, and Reporting Technology). Jadi dapat lumayan memadai kalau mau mengecek medis harddisk sahabat pada cepat.

Bagaimana caranya? Seketika saja di command prompt ketikkan command berikut: wmic diskdrive get status dan klik ENTER.
wmic-diskdrive-get-status-640x323

Kalau tak ada masalah atau semuanya normal karenanya hanya akan muncul balasan “Status OK”, kalau lebih dari satu harddrive yang terpasang karenanya kata OK dapat muncul lebih dari satu pun. Misal muncul kode selain OK ini dapat menjadi pertanda ada resiko kerusakan yang terjadi di harddisk. Harap segera membangun backup data – data urgen di komputer sahabat kalau memang seperti itu, dan membangun cadangan data ialah hal yang sebaiknya rutin dilakukan walaupun tak ada masalah apa – apa.

Kami harap bermanfaat. ??

sumber : utekno.com