windows-hosts-file-default

Buatlah filter Internet anda sendiri dengan file hosts di Windows

Posted on

Internet mempunyai banyak informasi yang bermanfaat, tapi pada sisi lain ada bagian yang akan tidak cukup berkenan pada sahabat. Dari yang ringan layaknya iklan – iklan yang mengganggu, pemakaian suatu situs yang berlebihan dan pornografi yang pastinya jangan hingga diakses oleh anak dibawah umur.

Akan sahabat belum tahu mudahnya mengikuti filter atau penyaringan internet guna menghentikan akses blog tertentu di komputer sahabat. Windows sudah menyediakan fasilitas guna dia pada sebuah file Hosts. Hanya pada menambahkan sebuah link atau domisili blog akan menghentikan akses pada komputer sahabat.

File Hosts ini terletak di C:Windowssystem32driversetchosts. File ini tak mempunyai ekxtensi jadi ketika sahabat mencoba membukanya akan muncul pertanyaan bagaimana sahabat mau membukanya. Pilih membuka dnegan Notepad selaku file teks. Kami sarankan buatlah backup atau duplikat file ini sebelum mengikuti modifikasi.

Dikala sahabat sudah membuka file Hosts, inilah yang akan sahabat lihat :
windows-hosts-file-default
Sobat akan seketika melihat di baris 127.0.0.1 localhost pada bagian bawah. Ini yakni domisili IP guna komputer sahabat.

Guna menghalangi akses sebuah blog pada komputer sahabat sangatlah gampang. Misal sahabat tak mau mengakses facebook lagi dan mau supaya facebook tak dapat digunakan pada komputer sahabat, silahkan tambahkan baris berikut di file Hosts:
127.0.0.1 www.facebook.com

windows-hosts-file-facebook-block

Simpan dan tutup file ini. Tetapi ada tiga hal yang butuh dipastikan sebelum petunjuk ini berusaha pada bagus :

  1. Pastikan nama file ini masih “hosts” (Tanpa ekstensi layaknya “hosts.txt”). Bila Windows memberikan ekstensi pada file hosts, hapuslah ekstensinya.
  2. Jangan menambahkan “http” di awal domisili blog, pada menambahkan akan merancang pemblokiran tak dapat berusaha. Tambahan “www” saja telah lumayan.
  3. Sobat akan butuh merestart browser supaya perubahan yang sudah dilakukan ada efeknya, dan terkadang memerlukan waktu beberapa menit baru alamatnya terblokir.

Selanjutnya coba akses facebook. Sobat akan mengunduh page kosong. Facebook tak dapat diakses kembali. Semua percobaan mengakses facebook akan melalui otomatis mengunduh page kosong.

facebook-hosts-blocked-result

Bila suatu ketika sahabat mau mengakses facebook kembali, sahabat tinggal akses kembali file hosts dan hapus baris guna blokir facebook. Simpan dan tutup file tersebut, dan restart browser. Facebook akan dapat digunakan kembali layaknya sebelumnya.

sumber : utekno.com