bluegriffon-source-640x350-1

BlueGriffon : Aplikasi Web Editor dengan kemampuan WYSIWYG

Posted on

Merancang blog membutuhkan pemahaman kepada bahasa HTML (Hyper Text Markup Language), CSS (Cascading Style Sheet), dan JS (JavaScript) selaku dasarnya. Pada HTML kamu menentukan isinya, CSS guna mengatur penampilan isinya dan JS guna kegunaan – kegunaan yang membutuhkan perhitungan.

Dapat dilihat bahwa diperlukan suatu aplikasi ideal yang mampu menyatukan beberapa bahasa yang berbeda tetapi guna satu tujuan ini. Beberapa aplikasi guna editing blog layaknya Adobe Dreamweaver, Aptana atau bahkan Notepad dapat digunakan guna editing blog. Kalau Dreamweaver akan terlalu berlebihan guna editing script HTML dan sebab berbayar kemungkinan besar kamu tak mendowload lewat petunjuk yang legal, Aptana sendiri sebab dengan menggunakan Eclipse pun dapat lumayan berat kalau hanya digunakan guna membangun blog statis dengan menggunakan HTML, sedangkan Notepad terlalu singkat dan tak memberikan kemampuan apapun guna mengedit script di umumnya.

Sehingga kita sebaiknya mengambil jalan tengah, yaitu search program yang tak kelas berat dan memang mempunyai kegunaan guna editing HTML, CSS, JS dan keluarganya. BlueGriffon yakni jawaban kami atas dilema kamu ini, aplikasi ini bersifat open source sehingga dapat disebut tidak dipungut bayaran. Basis aplikasi ini berasal dari mesin rendering Gecko yang pun digunakan Mozilla Firefox, jadi ada beberapa addon Firefox yang pun dapat digunakan BlueGriffon. Guna menggunakannya aplikasi HTML Editor ini kamu dapat seketika membuka laman kosong guna siap menulis kode – kode HTML blog kamu, tampilan awalnya dapat berupa sourcecode dari blog.

bluegriffon-source-640x350

Bila kamu mau melihat bagaimana tampilan dari kode HTML, CSS dan JS kamu, lumayan mengubahnya pada mode WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang terletak pada bagian bawah program.

bluegriffon-wysiwyg-640x350

Kamu pun dapat melihat nilai properti dari style yang digunakan di bagian Style Properties.
bluegriffon-style-properties-260x480

Script CSS yang digunakan pada laman website tertentu pun dapat dikenali dan akan ditampilkan daftarnya di bagian Stylesheets.
bluegriffon-stylesheets

Kode CSS yang terdapat dapat seketika diedit menggunakan aplikasi CSS Editornya.
bluegriffon-css-editor-640x236

Mau mengetahui DOM (Document Object Model) pada laman website kamu? Jalankan saja DOM Explorer.
bluegriffon-dom-explorer-254x480

Kamu mempunyai kode JavaScript yang mau dicoba fungsinya? Terdapat JavaScript Console selaku lahan ujicobanya, kamu pun dapat melihat error – error JavaScript blog kamu disini.
bluegriffon-javascript-console-640x480

Selaku pemula yang baru belajar HTML terkadang kode yang kamu bikin tidaklah optimal, ini BlueGriffon tak dapat memudahkan. Namun kadang ada kode HTML yang tak bermanfaat sehingga dapat pada aman dihapus, kamu dapat menggunakan aplikasi kegunaan Markup Cleaner guna membersihkan script HTML kamu.

bluegriffon-markup-cleaner

BlueGriffon selaku aplikasi HTML Editor sendiri dengan menggunakan Gecko Engine, sehingga standar website terbaru telah didukungnya layaknya HTML5, CSS3, SVG (Scalable Vector Graphic) dan sebagainya. Fitur – fitur diatas hanya sebahagian kecil dari kemampuan BlueGriffon, kamu hakekatnya dapat membangun blog statis dengan menggunakan HTML, CSS dan JS hampir tanpa mengetikkan kode sama sekali. Lumayan jalankan fitur – fitur yang terdapat pada BlueGriffon, singkatnya cobalah bereksplorasi seluruh fitur – fitur BlueGriffon. Bila dirasa kegunaan yang ditawarkan masih tidak cukup, kamu dapat menambahkannya pada Addon BlueGriffon.
bluegriffon-addons

Kami yakin via penjelasan mengenai BlueGriffon diatas dapat disimpulkan yakni diantara aplikasi editor blog terbaik yang terdapat kini ini. BlueGriffon terdapat pun guna beberapa aplikasi operasi? layaknya Windows, Linux dan Macintos.

sumber : utekno.com