Belajar HTML Dasar Part 2: Mengenal Fungsi Web Browser

Posted on

Setelah mempelajari Pengertian HTML di panduan sebelumnya. Di panduan belajar HTML kali ini kita akan mengenal fungsi dari web browser, pengertian web browser dan kaitannya dengan standar HTML oleh W3C.


Pengertian Web Browser

Web Browser (atau biasanya disebut browser) yakni sebuah program program untuk menerima,  menampilkan, dan menerjemahkan informasi dari world wide web (wikipedia). Dan diantara informasi itu dikerjakan di format HTML.

Kode HTML yang kita bikin akan diterjemahkan oleh web browser agar tampil seperti yang dirancang. Di dasarnya seluruh web browser dapat menampilkan kode HTML sama baiknya, namun apabila telah berbicara mengenai desain halaman, tiap-tiap browser mempunyai beberapa perbedaan.

HTML dirancang dan diatur oleh sebuah badan standarisasi dunia yang khusus menangani web, yaitu W3C (World Wide Web Consortium). Hal ini dikarenakan tiap-tiap program web browser menerjemahkan kode-kode HTML secara berbeda-beda, sehingga di perlukan sebuah standar yang sama untuk seluruh browser.

Namun di penerapannya, standar ini hanya yaitu rekomendasi. Beberapa web browser mendesain aturannya sendiri.

Diantara yang terkenal yakni Internet Explorer di sekitar tahun 2000-an. Hampir 90% web browser yang digunakan ketika itu yakni Internet Explorer, dan IE tak sepenuhnya mengikuti rekomendasi W3C. Sedangkan web browser Opera yang mencoba memakai standar W3C tak terlalu populer. Perbedaan aturan penerjemahan HTML di antara web browser inilah yang terus menjadi tantangan bagi programmer web.

Kini Internet Explorer tak lagi sekuat dulu. Web Browser Mozilla Firefox dan Google Chrome telah menguasai lebih dari 50%, dan IE pun telah berusaha memakai standar W3C, termasuk web browser terbaru mereka: Microsoft Edge.


Pemakaian Web Browser terbanyak

Menarik pun untuk disimak, apa saja web browser yang benar-benar banyak digunakan ketika ini. Bagi kita selaku web developer, informasi ini benar-benar relevan dan perlu diperhatikan.

Merujuk di situs w3counter.com yang diakses per September 2017, Google Chrome digunakan oleh sekitar 56% pengguna internet, yang kemudian diikuti oleh web browser Safari dan Firefox masing-masing 14% dan 9%. Artinya, Google Chrome benar-benar dominan digunakan selaku web browser.

Hal ini disebabkan tren smartphone yang apabila menggunakan OS Android, telah seketika terinstall web browser Google Chrome. Pun apabila menggunakan iPhone, telah seketika terinstall web browser Safari. Berikut grafiknya:

Selaku perbandingan, berikut statistik web browser yang digunakan oleh pengujung duniailkom pada rentang waktu periode Agustus – September 2017:

Terlihat bahwa lebih dari setengah pengunjung (56%) menggunakan Google Chrome. Diikuti oleh web browser Mozilla Firefox sebesar 18%.


Guna Web Browser

Untuk mempelajari HTML, web browser yakni alat utama yang kita butuhkan. Ibarat bahasa pemrograman lainnya, Web Browser yakni compiler dan intrepreter HTML. Sobat bebas menggunakan web browser yang disukai, namun di panduan Belajar HTML ini saya akan menggunakan Mozilla Firefox.

Untuk memperoleh versi terbaru dari web browser populer ketika ini, salahkan klik tombol dibawah:


Yang lumayan menarik, terdapat web browser “Firefox Developer Edition“, yang secara khusus diperuntukkan untuk web developer / web programmer. Bila tertarik, dapat mencobanya kesini:

Selain web browser, program lain yang kita butuhkan untuk mempelajari HTML yakni sebuah text editor, untuk pembahasan mengenai text editor HTML ini akan kita bahas di panduan berikutnya: Memilih Aplikasi Editor HTML.


Sobat serius ingin menguasai HTML? Duniailkom telah menyusun eBook HTML Uncover. eBook ini membahas HTML dengan lebih detail dan lebih komplit hingga fitur terbaru HTML5. Penjelasan lebih lanjut dapat ke: eBook HTML Uncover Duniailkom.


Sumber https://www.duniailkom.com/