locks-640x333-1

Apa yang harus dipersiapkan sebelum membuat sertifikat SSL?

Posted on

Ternyata merancang sertifikat SSL bukanlah proses yang gampang, hal ini baru kami sadari ketika mau memasang HTTPS di situs kami. Bagus sertifikat SSL gratis maupun berbayar mempunyai syarat yang sama, kecuali kamu menjalankan CloudFlare yang memang cuma tinggal mengaktifkan opsinya saja. Namun kalau kamu mau memasang sertifikat SSL guna nama domain kamu pada tutorial lazimnya karenanya ada beberapa hal yang dapat dipersiapkan supaya nanti tak repot.

Sebab sebahagian besar pemilik situs pada Indonesia menjalankan shared hosting karenanya kami mendasarkan panduan persiapan SSL ini pada pertimbangan tersebut.

locks-640x333
dear_theophilus / OpenClipArt / Public Domain

 

Di umumnya yang kita butuhkan ada selaku berikut:

  • Tempat tinggal IP server hosting yang khusus guna nama domain kamu (Dedicated IP). SSL mengharuskan kamu mempunyai tempat tinggal IP sendiri dan tak digunakan guna situs lain. Kecuali ada dukungan SNI.
  • Tempat tinggal email yang menjalankan nama domain sendiri (email hosting dengan custom domain). Nanti akan dikirimkan email antara pada webmaster@, postmaster@, admin@ atau email pemilik nama domain tersebut.
  • Membangun CSR (Certificate Signing Request) dan Private Key, ini dapat lewat cPanel atau melalui online. Kalau kamu menjalankan VPS dapat memakai OpenSSL guna membuatnya.

Semuanya hal diatas bukanlah masalah besar bila menjalankan Virtual Private Server dan semacamnya atau lebih bagus.

Kalau kamu menjalankan shared hosting dan memang layaknya demikian itu karenanya sebelumnya cek hal – hal berikut:

  • Lihat pada cPanel apakah ada SSL/TLS Manager di bagian Security. Bila tak ada kemungkinan besar memang tak dapat mengaktifkan SSL guna situs kamu. Tanyakan saja kepada support website hosting kamu.cpanel-security
  • Bila ada berikutnya tanya apakah ada dukungan SNI (Server Name Indication) ini diperlukan agar pada satu tempat tinggal IP dapat diaplikasikan guna beberapa nama domain guna sertifikat SSLnya. Universal SSL milik CloudFlare menjalankan aplikasi ini.
  • Sesudah dia silahkan buat akun email default guna approval pesan verifikasi kepemilikan nama domain guna merancang sertifikat SSL. Ini wajib dilakukan.cpanel-email-accounts-640x281 Kalau tak mau repot bikin satu akun email saja pada cPanel dan sisanya menjalankan catch-all email address sehingga seluruh email sesungguhnya akan diforward pada satu tempat tinggal saja.
  • Akhirnya buatlah CSR di cPanel. Metode ini dapat dilewati sebab biasanya di situs penjual sertifikat SSL ada opsi merancang CSR dan Private Key otomatis.cpanel-ssl-certificate-signing-request-640x422

Bila semuanya telah karenanya kamu telah siap guna merancang sertifikat SSL. Misal free dapat mencoba StartSSL, dan kalau berbayar ada banyak penyedianya layaknya GoGetSSL.

Kami harap bermanfaat. ??

sumber : utekno.com