windows-7-task-manager-performance

Windows 7 64-bit tidak mengenali RAM lebih dari 4GB

Posted on

Ada kasus menarik yang didiskusikan oleh teman admin kemarin bahwa ada laptop milik pelanggannya yang menggunakan aplikasi Windows 7 64-bit tapi tak dapat mengenali RAM lebih dari 4GB, padahal yang terpasang yakni 8GB. Akhirnya admin menyempatkan waktu guna membantunya mengatasi hal ini, dan sekaligus mendokumentasikan metode – metode apa saja yang telah dicoba.

Kalau sahabat menggunakan aplikasi RAM 4GB dan yang dideteksi yakni tidak cukup dari kapasitas tersebut karenanya kemungkinan sudah diaplikasikan sejumlah memorinya oleh onboard VGA. Jadi belum tentu ini yakni masalah atau ciri – ciri adanya kerusakan RAM.

windows-7-task-manager-performance

 

Sedangkan apabila sahabat memang menggunakan aplikasi RAM lebih dari 4GB tapi tak dikenali lebih dari dia tentu saja percuma memakai program operasi 64-bit sebab kegunaan utamanya yakni meningkatkan kapasitas maksimal memori yang dapat dikenali dan digunakan Windows.

Nah… misal memang sahabat sedang search petunjuk masalah serupa silahkan cek beberapa hal berikut (diantara saja, dan tak mesti urut):

  • Di BIOS search opsi Memory Remapping dan aktifkan, misal telah pada keadaan hidup coba matikan. Memang di beberapa jenis BIOS atau motherboard jumlah RAM dapat dibatasi lewat opsi ini.
  • Masih berhubungan pada BIOS, bila ada opsi mengenai Virtualization dapat diaktifkan (atau dinonaktifkan tergantung keadaan defaultnya) tapi tak wajib dilakukan, kadang hal ini berpengaruh di deteksi jumlah memori.
  • Pastikan memang tak dibatasi jumlah memory maksimal yang dapat diaplikasikan Windows, ini dapat dicek lewat System Configuration > Boot > Advanced Option. Hilangkan centang di opsi Maximum memory.? Sobat dapat mengaksesnya lewat run command (Windows+R) dan isikan pada msconfig.
  • Ada beberapa jenis laptop dan motherboard yang memang diberi limit maksimal memori, jadi tak ada yang dapat dilakukan kalau yang sahabat gunakan termasuk kategori ini. Kecuali ada update BIOSnya. Silahkan tuliskan spesifikasi komplit motherboard atau model notebook sahabat dan akan admin bantu carikan informasinya bila ada.
  • Kemungkinan terakhir memang modul memori yang sahabat install memang telah rusak dan butuh diganti pada yang baru. Silahkan dilepas dan diuji pada komputer lain guna memastikannya.

Kami harap daftar petunjuk memperbaiki deteksi jumlah RAM pada Windows diatas dapat memudahkan sahabat.

sumber : utekno.com