cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Text HTML Part 5: Cara Membuat Huruf Tercoret (Strikethrough) HTML (tag s dan tag del)

Posted on

Pada panduan Text HTML kali ini, kita akan membahas mengenai Cara Membuat Huruf Tercoret di dalam HTML. Huruf / Text tercoret ini dikenal pun dengan istilah strikethrough. Strikethrough biasanya digunakan bagi mengoreksi text atau bagian dari kalimat. Bagi merancang text tercoret ini, kita menggunakan tag <s> dan tag <del>.


Tag <s> bagi Penulisan Strikethrough pada HTML

Tag <s> yakni singkatan dari Strikethrough. Strikethrough yakni istilah yang dimanfaatkan bagi merancang text dengan garis tercoret. Tag <s> tak mempunyai arti apa-apa dan murni adalah format text bagi menampilkan text dengan strikethrough.

Tag <s> masuk ke pada tipe tag inline, yang akan mengikuti alur text yang terdapat.

Berikut yakni contoh cara penulisan dan pemakaian tag <s> di pada HTML:


Tag <del> bagi Text yang di Koreksi

Tag <del> yakni singkatan dari delete. Sesuai dengan namanya, tag <del> diperuntukkan bagi penulisan text yang dianggap salah dan ingin dikoreksi. Tag <del> adalah kebalikan dari tag <ins> yang bertujuan bagi penambahan text baru.

Tag <del> saya masukkan ke pada panduan ini karena secara default web browser menampilkan tag <del> dengan garis tercoret. Tag ini termasuk jenis inline element.

Berikut yakni contoh cara penulisan dan pemakaian tag <del> di pada HTML:

 Secara pribadi, saya menggunakan tag <s> bagi bagian text yang tak diperuntukkan apa-apa selain garis tercoret. Namun apabila ada bagian text yang memang dirasa perlu dikoreksi, tag <del> akan menolong struktur konten dari HTML dan lebih disarankan.

Selain menggunakan tag <s> dan <del>, HTML versi 4.01 mempunyai tag <strike> dengan tampilan yang sama, namun HTML5 menyatakan tag <strike> deprecated, yang artinya disarankan bagi tak digunakan, dan kemungkinan tak akan didukung web browser. Sahabat mungkin masing menemukan tag ini terutama pada blog lama.

Bagi merancang hasil huruf dengan garis tercoret di pada CSS, kita dapat menggunakan:


Sumber https://www.duniailkom.com/